banner 728x250

Melalui Dinas Kesehatan, Kabupaten OKU Selatan Siap Menuju Eradikasi Frambusia 

Jakarta, wartaterkini.news–Pemerintah Kabupaten OKU Selatan Terima Penghargaan berupa Sertifikat Frambusia Tahun 2024 dari Kementrian Kesehatan RI, yang di terima secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan M. Rahmattullah di dampingi Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan dr. Meri Astuti di Jakarta. Rabu (06/03/2024).

Eradikasi Frambusia merupakan upaya pembasmian yang dilakukan secara berkelanjutan untuk menghilangkan penyakit Frambusia secara permanen sehingga tidak menjadi masalah kesehatan masyarakat.

Target dan Kesepakatan Global, Regional dan Nasional, Indonesia harus bebas Frambusia di tahun 2027 dan Indonesia merupakan satu-satunya negara di regional Asia Tenggara yang masih dilaporkan kasus Frambusia.

Dalam rangka Eradikasi Frambusia, Menteri menetapkan Kabupaten/Kota Kesehatan Bebas Frambusia berdasarkan rekomendasi Provinsi dan pertimbangan Tim Penilai Frambusia Pusat.

Bupati dan Walikota dari 99 Kabupaten/Kota di antaranya OKU Selatan dengan ini menyatakan komitmen Menggerakkan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan kolaborasi, kerjasama dan tetap berkomitmen dalam mempertahankan pelaporan NOL kasus frambusia di kabupaten/kota yang merupakan wilayah kerja demi tercapainya Indonesia Bebas Frambusia paling lambat tahun 2027.

Baca Juga :   Danyonarmed 1 Kostrad Ikuti Sosialisasi Proglatsi TNI AD Sistem Blok

Selanjutnya menggerakkan seluruh masyarakat untuk mencegah munculnya kembali kasus frambusia dan penularannya dengan tetap melakukan kegiatan promosi kesehatan berupa kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, ketersediaan sarana air bersih dan partisipasi aktif dalam pengenalan dan pencegahan penyakit frambusia secara dini serta penanggulangannya. (Ril/Red)