banner 728x250

KKP Distribusikan Bantuan untuk Korban Bencana Alam Gunung Ruang

Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mengerahkan jajarannya di pusat dan daerah untuk turun ke lapangan membantu masyarakat korban bencana alam erupsi Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara.

Bantuan tersebut berupa kebutuhan bahan pokok, obat-obatan, pakaian, kebutuhan ibu hamil dan bayi hingga produk perikanan.

“Secara bertahap bantuan akan terus kami salurkan melalui unit pelaksana teknis (UPT) KKP. Mudah-mudahan bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak musibah,” ucap Menteri KP Trenggono dalam siaran pers resmi KKP, Sabtu (11/5/2024).

KKP mengoptimalkan kantor unit pelaksana teknis (UPT) yang berada di Provinsi Sulawesi Utara dan sekitarnya sebagai posko tanggap bencana. Di posko ini bantuan dikumpulkan kemudian disalurkan kepada masyarakat terdampak bencana alam dengan koordinasi bersama pemerintah daerah dan perangkat desa setempat.

Baca Juga :   Presiden Cerita IKN ke Sederet Pengusaha Brunei Darussalam

Adapun UPT KKP yang terjun langsung ke lapangan diantaranya Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung, BPPMHKP Manado, BPPP Bitung, Politeknik KP Bitung, PSDKP Bitung, PSDKP Tahuna, BPSPL Manado dan BPBAT Tatelu. KKP juga turut menurunkan taruna taruni untuk membantu warga korban terdampak bencana alam.

Sejak Sabtu (4/5/2024) KKP menerjunkan Kapal Hiu 15 dan Orca 6 yang telah berhasil mengevakuasi 57 orang warga dari Pulau Tagulandang ke Minahasa Utara dan Bitung.

Usai evakuasi, KKP melalui BPPP Bitung dan Politeknik KP Bitung melakukan traumatik healing untuk mengatasi gangguan psikologis para korban yang sudah dimulai sejak Selasa (7/5/2024).

Sekretaris Ditjen Perikanan Tangkap Trian Yunanda mengatakan bantuan yang diserahkan berasal dari internal unit kerja serta sumbangan para pegawai KKP pusat dan daerah. Donasi yang terkumpul mencapai ratusan juta rupiah dalam bentuk natura yang telah disalurkan kepada masyarakat.

Baca Juga :   Korban Jiwa Bencana di Sumbar Capai 50 Jiwa, Pemerintah Upayakan Penanganan Terbaik

“Para pegawai merespon cepat arahan Pak Menteri untuk berkontribusi dalam memberikan bantuan dan menggalang donasi bersama untuk Saudara-saudara kita yang terdampak bencana,” ujarnya saat meninjau para pengungsi dan menyerahkan bantuan secara simbolis di Bitung bersama Direktur Kapal Perikanan dan Kepala PPS Bitung.

Tercatat KKP menyerahkan 5.000 ikan tuna kaleng, 150 kg ikan beku, 1.170 kg beras, 155 kardus mie instan, gula 150 kg dan akan terus bertambah serta sejumlah kebutuhan pokok lainnya termasuk sayur dan ikan kepada masyarakat. Melalui Para Penyuluh bersama Tim Pusat di lapangan, KKP saat ini juga tengah melakukan pendataan nelayan di lokasi pengungsian dan dalam jangka menengah akan disalurkan bantuan berupa sarana penangkapan ikan berupa alat tangkap dan mesin kapal serta bantuan benih ikan.

Baca Juga :   KKP Lakukan Pendataan Populasi Ikan Belida

Sebagai informasi, Gunung Ruang kembali erupsi terakhir pada Selasa (30/4/2024). Menurut BNPB, total ada 12 ribu orang warga terdampak erupsi Gunung Ruang dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman di luar pulau. (**)