Tindak Lanjut Rekomendasi KPK, Pj Bupati Burnawan Turun Gunung Optimalkan BUMDes

Pj Bupati Morotai, Burnawan bersama Tim memonitoring BUMDes di Kecamatan Morotai Selatan

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news Penjabat (Pj) Bupati Pulau Morotai, Burnawan terjun langsung ke lapangan memonitoring Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kecamatan Morotai Selatan.

Giat orang nomor satu di Pulau Morotai ini guna membangkitkan kembali perekonomian di Pulau Morotai melalui pemanfaatan BUMDes Mart.

Pantauan media, rabu (31/07/2024) sekira Pukul 11.30 WIT. Tampak Burnawan didampingi Kaban BPKAD Morotai, Suryani Antarani, Kadis PMD Morotai, Ida Arsyad, Kabag Humas Ailan Goraahe dan seorang pengusaha meninjau beberapa titik BUMDes.

Misalnya, BUMDes Mart Sabala di kawasan CBD Morotai, BUMDes Mart di Desa Juanga dan BUMDes Mart di Desa Sabatai Tua Kecamatan Morotai Selatan.

Baca Juga :   Sosialisasi Pemilu Damai, Pj Bupati Imbau ASN dan Perangkat Desa Bersikap Netral

“Apa yang kami lakukan saat ini sebagai tindak lanjut hasil rapat evaluasi bersama Satgas Pencegahan Anti Korupsi KPK RI saat kunjungan kerja ke Morotai, maka kami menindaklanjuti rekomendasi terkait pemanfaatan aset,” tutur Burnawan kepada wartawan

Menurutnya, pemanfaatan bangunan BUMDes, Dinas PMD selaku pembina Pemdes akan mengundang pengelola BUMDes untuk membicarakan komitmen pemanfaatan.

“Bagi mereka yang sudah mengambil jatah bangunan tapi tidak dimanfaatkan, akan dilakukan disinsentif berupa pemutusan kerja sama pemanfaatan,” tandasnya

Lanjut Burnawan, banyak pengusaha yang sudah menunggu dan siap untuk bekerjasama dengan BUMDes jika memperoleh kesempatan pemanfaatan.

“Tadi sudah ada pengusaha yang ikut monitoring, dia bersedia mengisi BUMDes, jadi Pengusaha itu meminta Gudang, untuk mengisi bahan usahanya dan sekaligus Bangunan BUMDes untuk usaha,” jelasnya

Baca Juga :   Bersama Sultan Ternate, Pj Bupati Morotai Resmikan RSUD Sultan H. Mudaffar Sjah

Bahkan ia menjamin kenyamanan para pengusaha yang memanfaatkan BUMDes Mart di Morotai.

Selain BUMDes, untuk menghidupkan kembali ekonomi Morotai, Burnawan juga menyentil kuliner – kuliner di Pusat Kota yang sudah tidak aktif, agar segera diaktifkan kembali.

“Sementara untuk kuliner-kuliner yang tidak aktif, saya sudah memanggil Perindagkop untuk mengurus semuanya untuk di aktifkan,” tegasnya

Kadis PMD Morotai, Ida Arsyad ketika itu menambahkan, ada 31 BUMDes di Pulau Morotai, awalnya pernah beroperasi namun saat ada beberapa BUMDes yang sudah tidak aktif.

Perlu di ketahui kata Ida, saat ini banyak BUMDes di Morotai yang aktif memanfaatkan potensi desa dan usaha lainnya bahkan menyumbang Pendapatan Asli Desa.

Baca Juga :   Lepas Lomba Karnaval Pelajar, Pj Bupati Morotai Ajak Tingkatkan Kualitas Pendidikan

“Sekarang kita mulai evaluasi kembali, kalau BUMDes yang sudah tidak aktif dan tidak beroperasi kami evaluasi,” pungkasnya
(Endi/red)