Pemkab Ogan Ilir Sinergi dengan PWI Tingkatkan Publikasi Pembangunan Daerah

Ogan Ilir Sumsel, wartaterkini.news– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Ilir melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Muhsin Abdullah selaku Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menerima audiensi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Ilir pada Senin (24/6/2024).

Audiensi tersebut membahas tentang sinergitas di bidang publikasi antara Pemkab Ogan Ilir dengan insan pers atau wartawan yang tergabung dalam PWI.

Muhsin Abdullah yang didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Ogan Ilir, Ferdian Riza Yudha, Asisten Setda Eiska Susanti, Yohanes dan Kepala Bappeda Emi, menyampaikan bahwa peran media sangat besar dan penting dalam mengawal pembangunan daerah.

“Program pembangunan oleh Pemkab Ogan Ilir hanya dapat tersampaikan secara efektif ke masyarakat karena berkat media massa,” kata Muhsin.

Muhsin juga menyambut baik masukan dari PWI Ogan Ilir terkait peningkatan anggaran publikasi, termasuk usulan agar anggaran tersebut tidak hanya terpusat di Dinas Kominfo. Ia mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk turut menganggarkan dana publikasi.

Baca Juga :   Menyala! Kinerja APBN Maret 2024 Surplus Rp1,8 Triliun

“Alhamdulillah, sekarang pintu komunikasi kita terbuka. Insya Allah tahun depan diupayakan agar bagaimana dana publikasi media dapat ditingkatkan dari tahun sebelumnya,” kata Muhsin.

Selain itu, Muhsin juga sepakat bahwa wartawan, khususnya PWI Ogan Ilir, harus tetap menjalankan kontrol sosial sebagai pengawas jalannya roda pemerintahan.

“Kami tentunya ingin dikawal, dikontrol. Karena program-program pemerintah daerah demi kesejahteraan rakyat,” kata Muhsin.

Sementara itu, Ketua PWI Ogan Ilir, Fredi Kurniawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ogan Ilir atas dukungan dalam bidang publikasi selama ini. Ia berharap agar anggaran publikasi dapat ditingkatkan di tahun depan dengan menyesuaikan jumlah anggota PWI Ogan Ilir yang terbanyak di banding organisasi wartawan lain.

Baca Juga :   Pj Bupati OKI Apresiasi Komitmen BSB Dukung Pembangunan Daerah

Fredi juga menyampaikan beberapa masukan lain, seperti dukungan untuk kegiatan PWI seperti pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Anggota PWI adalah orang-orang yang punya integritas dan secara berkala kompetensi serta kemampuan dalam bidang jurnalistik terus diasah,” ucap Fredi.

Menanggapi hal itu, Sekda Muhsin menyambut baik usulan dan saran PWI. Ia mengatakan akan berupaya meningkatkan dana publikasi media di tahun depan.

Lebih lanjut, Sekretaris PWI Ogan Ilir Maidi Irwansyah menambahkan bahwa PWI siap membantu Pemkab Ogan Ilir dalam hal sosialisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada masyarakat.

“PWI Ogan Ilir ke depan siap membantu pemberitaan terkait sosialisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada masyarakat, wajib Pajak maupun Piutang Pajak serta pendapatan lainnya yang sah, agar PAD Pemkab Ogan Ilir Meningkat dari sebelumnya, karena informasi sangat dibutuhkan agar kesadaran masyarakat meningkat,” kata Medy.

Baca Juga :   Diduga Mungut Parkir di Lahan Sekolah, Arogansi dan Jawaban Kasek SMPN 2 Cluring Ini Bikin Geleng Kepala

Maidi juga berharap agar wartawan diberikan akses data maupun informasi di stakeholder yang ada dengan tetap berpegang pada batasan yang ditetapkan sesuai aturan ataupun etika yang dipahami bersama.

Audiensi tersebut diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara Pemkab Ogan Ilir dan PWI Ogan Ilir dalam rangka mewujudkan pembangunan daerah yang transparan dan akuntabel. (Arman/Red)