Pemkab Pamekasan Pecahkan Rekor dengan Raihan WTP Kesembilan Berturut-turut dari BPK

oleh

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, pada Kamis (25/5/2023).

Pemkab Pamekasan telah berhasil meraih WTP untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2014 hingga tahun 2022. Sebelumnya, pada tahun 2011, mereka juga meraih opini yang sama. Namun, pada tahun 2012 dan 2013, mereka mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Baca Juga :   Polisi Ungkap Identitas Mayat yang Mengapung di Sungai Setail Banyuwangi

Penyerahan hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pertanggungjawaban Daerah (LKPD) Kabupaten Pamekasan tahun anggaran 2022 dilakukan di Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur dan diterima oleh Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Pamekasan, Halili, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pamekasan, Masrukin.

Dengan diraihnya WTP ini, menunjukkan bahwa laporan keuangan Pemkab Pamekasan telah disajikan secara akurat dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dalam semua hal yang material, seperti posisi keuangan (neraca), Laporan Realisasi Anggaran (LRA), dan Laporan Arus Kas.

Baca Juga :   Pemkab Pamekasan Gelar Pasar Murah Jelang Ramadhan 1444 Hijriah

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, menyatakan bahwa opini atas laporan keuangan ini didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian laporan keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dan kecukupan pengungkapan atau adequate disclosures.

Keberhasilan ini merupakan hasil kerja sama semua pihak yang telah berusaha maksimal dalam mengelola keuangan Pemerintah Kabupaten Pamekasan.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) yang telah bekerja maksimal dalam pembangunan dan kemajuan Kabupaten Pamekasan.*(Mz/Red)

Baca Juga :   Polresta Banyuwangi Ungkap Orang Tua Pembuang Bayi di Warung Kopi