Harmoni Keluarga dalam Jejak Pemulihan Program Rehabilitasi Sosial di Lapas Pamekasan

Pamekasan Jatim,wartaterkini.news -Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim mengadakan Program Rehabilitasi Sosial di ruang kunjungan Lapas Kelas IIA Pamekasan pada Sabtu, 8 Juli 2023.

Program Rehabilitasi Sosial ini meliputi kegiatan Family Support Group dan Kegiatan Konseling.

Sebanyak 21 warga binaan yang termasuk dalam program rehabilitasi Lapas Pamekasan turut serta dalam kegiatan Family Support Group (FSG).

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dan Ikatan Psikolog Klinis Kabupaten Bangkalan.

Baca Juga :   Tindaklanjuti Laporan Warga, Polsek Plemahan Gelar Razia Miras

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim yang diwakili oleh Kasi Binadik, Ach. Suwifi Rusdi.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan tujuan dari kegiatan FSG ini adalah agar keluarga dapat memantau perkembangan program rehabilitasi yang sedang dijalani oleh warga binaan sekaligus memberikan informasi tentang bahaya narkoba.

“Kegiatan FSG ini dilakukan agar keluarga dapat memantau perkembangan program rehabilitasi yang dijalani oleh warga binaan serta memberikan informasi tentang bahaya narkoba,” ujar Suwifi.

Dengan adanya program ini, Suwifi berharap keluarga warga binaan dapat menjadi pendukung utama agar mereka tidak menggunakan narkotika dan zat adiktif lainnya setelah bebas.

Baca Juga :   Resmi Daftarkan Caleg di KPU, DPD Partai Golkar OKU Selatan Optimis Menag di Pemilu 2024

Selain itu, Suwifi menambahkan bahwa kegiatan FSG ini juga bertujuan agar keluarga dapat memberikan dukungan dan bimbingan kepada warga binaan untuk berhenti menggunakan narkoba dan tidak melanggar hukum di masa depan.

“Program FSG ini dilakukan dengan tujuan agar keluarga dapat memberikan dukungan dan bimbingan kepada warga binaan untuk berhenti menggunakan narkoba dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum,” tambah Kasi Binadik Lapas Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim.

Baca Juga :   Babinsa dan PPL Cenlecen Berupaya Tangani Ancaman Kekeringan pada Tanaman Padi

Diketahui, kegiatan Family Support Group (FSG) ini melibatkan keluarga warga binaan dalam mendampingi mereka dalam sesi konseling.