Layani Kesehatan Masyarakat, Dinkes OKU Selatan Terima 17 Nakes Nusantara Kemenkes RI

Oplus_131072

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news– Bupati Ogan Komering Ulu Selatan H. Popo Ali M.,B.Comm. pimpin langsung Audiensi bersama Penugasan Khusus Nusantara Sehat Periode III dan IV Kementerian Kesehatan RI, Selasa (06/08/2024).

Kabupaten OKU Selatan mendapatkan Sebanyak 17 Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Individual dengan rincian 1 Orang Tenaga Gizi Penempatan di Puskesmas Buay Rawan (Periode II Tahun 2024 masa penugasan 28 Maret 2024 – 27 Maret 2026)

14 Orang Tenaga Kesehatan (Periode III Tahun 2024 masa penugasan 1 Mei 2024 sampai dengan 31 April 2026) 1. Tenaga Farmasi-Puskesmas Banding Agung, 2. Tenaga Kesehatan Lingkungan-Puskesmas BPRRT.

3. Tenaga Gizi Puskesmas Buay Runjung
4. Tenaga Gizi Puskesmas Buay Sandang Aji, 5. Tenaga Gizi Puskesmas Kisam Ilir, 6. Tenaga Farmasi Puskesmas Kisam Ilir, 7. Ahli Teknologi Laboratorium Medik-Puskesmas Kisam Ilir.

8. Tenaga Gizi Puskesmas Muara dua Kisam, 9. Ahli Teknologi Laboratorium Medik Puskesmas Muara dua Kisam, 10. Tenaga Gizi Puskesmas Runjung Agung, 11. Tenaga Farmasi Puskesmas Runjung Agung

Baca Juga :   Dinkes OKU Selatan Gelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten 

12. Tenaga Gizi Puskesmas Tiga Dihaji, 13. Tenaga Kesehatan Lingkungan Puskesmas Tiga Dihaji, 14. Tenaga Farmasi Puskesmas Warkuk Ranau Selatan

2 Orang Tenaga Kesehatan (Periode IV Tahun 2024 masa penugasan 1 Agustus 2024 sampai dengan 31 Juli 2026) Tenaga Farmasi dan Tenaga Kesehatan Lingkungan di Puskesmas Sindang Danau.

Dalam sambutannya Bupati OKU Selatan mengucapkan selamat datang kepada tenaga kesehatan Nusantara Sehat yang berasal dari berbagai daerah, dan berharap, antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan stakeholder kesehatan bisa saling berkoordinasi dengan lebih intensif dan bersinergi.

Hal ini untuk memberikan dukungan atas pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten OKU Selatan dapat terjamin kualitasnya.

Peran serta tenaga kesehatan akan membantu pemerintah kabupaten OKU Selatan dalam memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat di bidang kesehatan terutama pada daerah-daerah yang memang kekurangan tenaga kesehatan.

Baca Juga :   Partai PKB Usung Abu Sama di Pilkada OKU Selatan

“Ini sangat kami apresiasi dan atas nama pemerintah kabupaten OKU Selatan, saya ucapkan selamat datang,” ungkap Bupati.

Bupati juga berpesan kepada para Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus untuk berkomitmen bertugas di wilayah kerjanya dengan sepenuh hati, menjalankan tugas sesuai ketentuan, dapat segera beradaptasi dengan budaya setempat, serta menjaga kondisi Kesehatan.

“Jika ada kendala di lapangan, diharapkan Tenaga Kesehatan bisa berkoordinasi dengan kepala Puskesmasnya atau dengan Dinas Kesehatan Kabupaten. OKU Selatan, memang kekurangan tenaga kesehatan, oleh karena itu kami berharap Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus ini dapat menjadi solusi,” ungkap Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan dr. Meri Astuti mengatakan, Program Penugasan Khusus oleh Kementerian Kesehatan salah satu upaya penguatan Pelayanan Kesehatan, dan diselenggarakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Namun demikian, belum semua masyarakat menikmati hasilnya secara merata, terutama bagi masyarakat di Daerah Tertinggal Perbatasan dan Kepulauan (DTPK).

Program Nusantara Sehat diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan RI yang bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di daerah daerah, yang di khususkan pada daerah terpencil di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga :   Libatkan PPNI dan RSUD, SMSI OKU Selatan Bakal Gelar Aksi Donor Darah

Bertempat di Ruang Nagara Bhakti turut hadir dalam kesempatan ini Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Herman Azedi, SKM.,M.M. Kabid SDK, Kepala Puskesmas yang menerima undangan, dan Para Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan RI. (Ril/Red)