36 Peserta Ikut UKW, Ketua PWI Malut Ajak Cintai Profesi Wartawan

Foto Sambutan Ketua PWI Malut, Asri Fabanyo

Ternate Maluku Utara, wartaterkini.news Sebanyak 36 wartawan mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama dengan BUMN, bertempat di Bela Hotel Internasional Ternate, Jumat (28/06/2024).

Sebelum kegiatan UKW dibuka secara resmi oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Provinsi Maluku Utara, Kadri Laetje. Ketua PWI Maluku Utara (Malut) Asri Fabanyo mengajak agar para peserta UKW mencintai profesi wartawan.

“Saya mengajak kita sekalian, jangan lelah memacu kompetensi dan jangan bosan untuk terus mencintai profesi ini, kita sudah menyatukan sikap dan hati kita untuk memposisikan profesi ini sebagai jalan hidup. Jalani dengan ketekunan dan kesungguhan,” tutur Asri mengawali sambutan

Baca Juga :   Prajurit TNI di Karangpilang Gelar Upacara HUT ke-79, Siap Kawal Suksesi Kepemimpinan Nasional

Ia juga menghimbau agar peserta UKW menjaga kebersamaan dan bersinergi dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh PWI Pusat maupun PWI Provinsi.

Menurutnya, pelaksanaan UKW merupakan bagian dari upaya PWI dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas wartawan di daerah. UKW adalah sarana penting untuk memastikan para wartawan memiliki kompetensi yang sesuai standar jurnalistik.

“Untuk itu, melalui kegiatan ini kami yakin, ada peningkatan kualitas peran wartawan dan media yang saat ini dituntut semakin kreatif, profesional namun sesuai dengan kode etik jurnalistik,” ujarnya.

Sementara Sekda Provinsi, dalam sambutan Gubernur Malut, menyatakan pentingnya bagi lembaga pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk membangun kerjasama dengan media yang berkompeten karena dengan membangun kerjasama media, maka semua kebutuhan publikasi informasi kegiatan Pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :   Jelang Pilkada 2024, Kapolres OKU Selatan Ingatkan Netralitas Personil Polri

Menurut Sekda, wartawan tanpa pengetahuan jurnalistik dan kode etik boleh jadi mengakibatkan kerja –kerja jurnalis mereka kerap menghadapi masalah prinsip –prinsip jurnalistik yang diatur dalam Undang – undang Pers.

Disela itu, ia juga menyetujui bahwa UKW merupakan jalan yang sangat tepat untuk meningkatkan mutu dan martabat pers.

“Kita sangat mengharapkan agar media –media yang lahir dapat menjadi pusat pengetahuan masyarakat, namun faktanya masih terdapat media yang perlu mendapatkan perhatian karena dalam penyajiannya masih jauh dari ketentuan Undang –undang Pers dan ode etik jurnalistik,’’ pungkasnya

Diketahui, hadir dalam acara Pembukaan UKW diantaranya, Rektor Unkhair, Ridha Adjam, Pimpinan PT Harita Nickel Dedi Hermansyah, perwakilan Korem 152 Baabullah Kolonel Kav Ilham Faisal Siregar, Koordinator UKW Pusat, Eko Pamuji, Direktur UKW Pusat Firdaus Komar, Kabidhumas Polda Malut AKBP Bambang Suharyono, Karo Adpim Prov Malut, Rahwan K Suamba, Asisten III Setda Kota Ternate, Anwar Hasyim serta para penguji.
(Endi/Red)