Wakil Gubernur Sulteng Serahkan Plakat Penghargaan Informasi Publik ke 10 Perangkat Daerah di Sulteng

oleh -215 views

Sulteng, wartaterkini.news–Gubernur Sulawesi Tengah Diwakili Wakil Gubernur Sulawesi Tengah DR.H.Rusli Dg.Palabbi SH.MH Di dampingi Kepala Dinas kominfo persendian Dan Statistik Faridah Lamarauna,SE M.SI Menghadiri penganugrahan penghargaan keterbukaan informasi publik sekaligus memberikan plakat penghargaan informasi publik ke 10 perangkat daerah Rabu (02-12-2020) Bertempat digedung Pogombo.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur Sulteng H.Rusli Dg.Palabbi menyampaikan saya selaku pribadi dan atas nama pemerintah daerah provinsi sulawesi tengah, mengucapkan terima kasih kepada bapak afria antheriza beserta tim dari pt. Mice pro indonesia yang telah menyusun majalah sulteng outlook 2020.

“Harapan kami tentunya majalah tersebut dapat menjadi media diseminasi yang efektif dalam menyampaikan kepada publik tentang pencapaian pembangunan pemerintah provinsi dari aspek pemerintahan, pembangunan perekonomian dan pengembangan pariwisata di sulawesi tengah”.ujarnya

Lebih Lanjut Wakil Gubernur juga berterimakasih dan mengapresiasi kepada dinas kominfo, persandian dan statistik provinsi sulawesi tengah yang telah memfasilitasi kegiatan ini sebagai salah satu upaya strategis untuk mengevaluasi pengimplementasian pengelolaan layanan informasi publik melalui wadah ppid yang ada di masing-masing perangkat daerah yang dikemas dalam bentuk kegiatan pemeringkatan.

Baca Juga :  Masyarakat Menduga Pemdes Golo Meleng Menipu Publik

Selain itu Menindak lanjuti hasil evaluasi pengelolaan layanan informasi publik terhadap 41 perangkat daerah yang telah dilakukan oleh tim penilai keterbukaan informasi publik pada perangkat daerah di lingkungan pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah maka arahan untuk mendapatkan perhatian dan tindak lanjut pengelolaan layanan informasi publik sebagai berikut:

1.perlunya menetapkan melalui keputusan pimpinan perangkat daerah tentang struktur pengelolaan ppid pembantu serta melakukan update jika terjadi mutasi personil.

2.perlunya melakukan penataan administrasi pengelolaan ppid khususnya penyediaan sarana kesekretariatan ppid untuk layanan informasi publik, menetapkan struktur susunan pelayanan informasi dan menetapkan sop atau juknis pelayanan informasi publik.

3.perlunya menetapkan daftar informasi publik yang dihasilkan oleh perangkat daerah dengan menyusun rincian informasi berdasarkan klasifikasi informasi publik yang diumumkan secara berkala, tersedia setiap saat, dan dikecualikan serta melakukan diseminasi informasi dengan memanfaatkan media konvensional, media cetak, media elektronik, dan media online.

Baca Juga :  Sekda Kota Lubuklinggau Buka Rapat Evaluasi Kelembagaan

4.yaitu perlunya menyampaikan laporan tahunan pengelolaan ppid pembantu kepada ppid utama, memiliki dokumentasi pengajuan klarifikasi informasi publik dan melaksanakan program pengembangan sdm terhadap pengelola ppid.

5.perlunya perangkat daerah memiliki produk diseminasi informasi publik berupa web dan email resmi opd, majalah, buku statistik sektoral dan perlengkapan diseminasi informasi,

6.perlunya perangkat daerah untuk mempublikasi melalui website resmi opd antara lain:1) Profil opd; 2) Dokumen perencanaan berupa iku, renstra, lakip, rkpd, renja dan rkt; 3) Dokumen keuangan berupa rka dan dpa tahun berjalan serta realisasi anggaran tahun sebelumnya.

Pada kesempatan itu pula Kepala dinas kominfo, persandian dan statistik Faridah Lamarauna,SE M.SI menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan SK Gubernur nomor 491/94/Dis.Kominfo-G.ST/2020 tanggal 2 maret 2020 tentang tim penilai keterbukaan informasi publik pada perangkat daerah di lingkungan pemerintahan daerah provinsi sulawesi tengah.

Dan selain itu harapannya “Melalui kegiatan ini dapat diperoleh gambaran mengenai kondisi pengelolaan layanan informasi publik oleh perangkat daerah dilingkungan pemerintah provinsi sulawesi tengah.”dan bahwa tahun depan 2021 kegiatan pemeringkatan ini akan tetap dilanjutkan.dimana kegiatan ini akan diawali dengan pelaksanaan rapat kordinasi yang insya allah dilaksanakan di banggai pada awal tahun 2021.

Baca Juga :  50 Pegawai Lapas Klas IIA Pematangsiantar Terima Vaksin Pertama

Dan dilanjutkan dengan pemberian plakat penghargaan ke pada 10 perangkat daerah atas pelayanan informasi publik sebagai berikut:
Direktur rumah sakit umum undata Prov Sulteng (10), DPRD prov.sulteng(9), dinas cipta karya Prov Sulteng (8), Badan kepegawaian daerah Prov Sulteng (BKD)(7), dinas komunikasi,persandian dan statistik Prov Sulteng.

(6), dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu Prov Sulteng (PTSP)(5), dinas perindustrian dan perdagangan Provinsi Sulteng (Disprindak) (4), dinas koperasi UKM prov.sulteng(3), dinas Bina marga dan penataan ruang Prov Sulteng (2), dan diperingkat pertama badan pendapatan daerah Prov Sulteng (1)

Yang Turut hadir Wakil Gubernur Sulteng, Kepala dinas kominfo, persandian dan statistik, kepala OPD yang terkait dan PPID Kabupaten/kota. (Mar/Red)

Print Friendly, PDF & Email