Wakil Bupati Pamekasan Apresiasi Layanan Paspor Masuk Desa

Pamekasan Jatim, wartaterkini.newsWakil Bupati Pamekasan RB Fattah Jasin memberikan respon positif upaya Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pasalnya instansi ini memberikan pelayanan kemudahan mengurus Paspor dengan memberikan layanan “Paspor Masuk Desa”.

Layanan “Paspor Masuk Desa” pertama dibuka di Kantor Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan dihadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan RB Fattah Jasin, Kepala Divisi Keimigrasian Hendro Tri Prasetyo. Juga hadir Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Pamekasan Imam, Forkopimcam Pegantenan, dan segenap undangan, Jumat (12/08/2022).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Fattah Jasin menyampaikan, sejalan dengan program prioritas Pemerintah Kabupaten Pamekasan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. maka, Kantor Imigrasi Pamekasan memberikan layanan “Paspor Masuk Desa”.

Baca Juga :  Turnamen Bola Voli Cup Petinggi Kecamatan Keling, Digelar di Lapangan Desa Klepu

“Layanan Paspor Masuk Desa ini bertujuan untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat di tingkat desa,” kata Wabup Fattah Jasin.

Mantan Bakorwil ini berpesan kepada masyarakat agar mempergunakan paspor dengan baik sesuai peruntukannya.

“Selain mempermudah pelayanan kepada masyarakat, juga lebih mendekatkan diri dengan masyarakat,” ujarnya.

Fattah Jasin menjelaskan, pembuatan Paspor persyaratannya harus melengkapi data, maka diperlukan kolaborasi dengan pihak Disdukcapil mengenai data diri pemohon.

“Saat ini antara pihak Imigrasi dan Disdukcapil sudah kerja sama tentang kelengkapan dokumen,” imbuhnya.

Baca Juga :  Polres Pamekasan Gandeng Toga dan Tomas Berikan Bantuan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu

Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Hendro menyampaikan, dibukanya pelayanan “Paspor Masuk Desa” ini bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Kementerian Hukum dan HAM yang ke-77 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2022.

Dengan harapan, kami bisa memberikan pelayanan dengan baik kepada masyarakat, mengingat setiap warga yang akan bepergian atau akan menjadi tenaga kerja di luar negeri. Paspor merupakan dokumen untuk melindungi warga negaranya selama di luar negeri.

“Apabila keberadaannya di negara lain tanpa disertai dengan dokumen (Paspor), maka orang tersebut dianggap sebagai Ilegal Maintenance atau pendatang haram,” terangnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati: Pemkab Pamekasan Permudah Masyarakat Dalam Membuat Izin Acara Hiburan 

Hendro berharap, dengan layanan “Paspor Masuk Desa” ini dapat berdampak positif bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan atau kerja sebagai TKI.

“Selain memberikan kemudahan pengurusan paspor, kami akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat paspor,” ucapnya.

Selain itu, untuk mempermudah pelayanan Paspor, maka pemohon harus melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi seperti, KTP, KK dan Akta Kelahiran.

“Kami berkolaborasi dengan Disdukcapil, sehingga data bisa terkoneksi dengan kami. Nanti pemohon cukup membawa KTP saja dalam pengurusan paspor, karena kami telah terkoneksi dengan Disdukcapil,” tegasnya. (Mz/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini