Wakil Bupati OKU Selatan Pimpin Upacara Peringatan Hari Bela Negara

OKU Selatan,Wartaterkini.News – Wakil Bupati OKU Selatan Solihin Abuasir memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 di halaman Kantor Pemerintah Daerah OKU Selatan, Rabu (19-12-2018). Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara. Lalu Solihin membacakan amanat bela negara Presiden Republik Indonesia.

“Pada momentum Hari Bela Negara tahun ini, saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa. Sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat. Mereka berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari para penjajah”. Paparnya

Baca Juga :  Hari Pramuka Ke-60 Tingkat Daerah Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan Terima Penghargaan Dharma Bhakti Pramuka

Selain itu tambahnya Sejarah juga telah mencatat bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata, akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara dalam bentuk yang lain. Sebagaimana pernah dilakukan oleh Mr. Safruddin Prawiranegara pada tahun 1948 guna menyelamatkan keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatera Barat.

Baca Juga :  Feby Deru Pimpin Rapat Persiapan Rakerda Dekranasda dan Rakor TP PKK Se-Sumsel

Nilai-nilai heroik tersebut yang perlu terus kita aktualisasikan melalui berbagai karya nyata kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hari Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya bela negara, tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, tapi harus dilakukan melalui beragam upaya dan kemampuan,” ujar Solihin.

Baca Juga :  Murserbang Polres Musi Rawas 2019

Dalam kesempatan itu juga Solihin menyampaikan bahwa negara Indonesia juga membutuhkan kemajuan dari setiap banyak permasalahan yang di alami oleh masyarakat. “Setiap pendidikan selalu berkembang untuk mengetahui cara membela negara yang baik, dan bela negara diperlukan untuk meneruskan dari ketertiban dan kewajiban dari pendidikan tersebut”.Pungkasnya. (Saropi/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini