Wakil Bupati Muara Enim Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

MUARA ENIM wertaterkini.news –Musibah kebakaran yang menimpah perkampungan Desa Gunung Agung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), disikapi secara cepat oleh Pemkab Muara Enim.

Terbukti beberapa jam setelah kejadian, Sekda Muara Enim, Ir H Hasanudin MSI, langsung memimpin rapat terbatas dengan OPD terkait membahas langkah langkah cepat yang harus dilakukan penanggulangan kebakaran tersebut guna meringankan beban korban.

Sementara Wakil Bupati Muara Enim, H Juarsah SH, pada hari kejadian bersama Asisten I Pemkab Muara Enim, M Teguh Jaya, langsung menuju lokasi kebakaran untuk meninjau secara langsung musibah tersebut. Orang nomor dua di Muara Enim juga  melakukan dialog dengan warga yang menjadi korban kebakaran.

Selain itu Pemkab Muara Enim, juga melakukan dzikir, istighosah dan doa bersama untuk korban kebakaran Gunung Agung serta korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala.

Dzikir bersama itu berlangsung di masjid Agung Muara Enim, Rabu (10/10) dihadiri Sekda Muara Enim, Ir H Hasanudin MSI, serta para OPD, Kodim 0404 Muara Enim dan masyarakat lainnya. Pada acara dzikir bersama tersebut terkumpul uang tunai dari sumbangan peserta dzikir sebesar Rp 11 juta dan 10 real uang Arab Saudi untuk disumbangkan bagi korban kebakaran Gunung Agung dan korban gempa.

Baca Juga :  Babinsa Windusari Pantau Langsung Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas

Usai mengikuti dzikir bersama, Sekda Ir H Hasanudin yang berhasil dibincangi awak media, mengatakan  penanganan darurat yang sifatnya tanggap darurat bagi korban kebakaran telah dilakukan. “Hari ini (kemarin;red) bantuan pangan dan sandang dari Pemkab Muara Enim melalui Dinas Sosial dan bantuan dari Baznas Muara Enim serta sumbangan dari pihak pihak lain  telah diatarkan kepada korban kebakaran,” jelas Sekda, Rabu (10/10).

Kemudian, lanjutnya, tim penanggulangan kebakaran yang dibentuk Pemkab Muara Enim telah melakukan peninjauan ke lapangan. Dia juga mengaku telah mengintruksikan kepada Camat Semende Darat Tengah (SDT)  untuk melakukan pendataan berapa jumlah kerugian yang diderita warga korban kebakaran.

“Jadi hari ini seluruh bantuan tanggap darurat sudah dikirim ke lokasi korban kebakaran. Kita juga mengharapkan pastisifasi perusahaan yang ada di Muara Enim seperti PT BA untuk dapat memberikan bantuan,” jelasnya.

Baca Juga :  14 Unit Rumah Kos di Kelurahan Tombolo Ludes di Lahap Sijago Merah

Saat ini lanjutnya, bantuan yang dibutuhkan korban kebakaran berupa makanan dan pakaian. Pemkab juga, lanjutnya, telah menyiapkan tenaga kesehatan dari  Puskesmas yang ada Semende kelokasi kebakaran guna memantau kesehatan para korban kebakaran.

Tim medis diharapkan dapat memantau kondisi psikis korban kebakaran. Begitu juga bantuan air bersih jika dibutuhkan segera dikirim melalui mobil tangki PDAM Lematang Enim ke lokasi kebakaran.

Kemudian besok pagi (hari ini-Red) lanjutnya, Bupati akan menyerahkan beras cadangan Pekab Muara Enim secara langsung  kepada korban kebakaran. Beras yang disiapkan untuk selama 3 bulan ke depan, namun untuk tahap pertama beras yang diserahkan untuk 1,5 bulan ke depan.

Setiap perkapita akan mendapatkan jatah beras bantuan tersebut sebesar 300 gram per hari. “Sesuai data yang kita terima dari Camat SDT, jumlah korban kebakaran sebanyak 148 jiwa berjumlah 40 Kepala Keluarga (KK).

Rumah yang hangus terbakar sebanyak 22 rumah, yang mengalami rusak sebanyak 8 buah. Saat ini para korban kebakaran tinggal di rumah rumah keluarganya masing masing.

Baca Juga :  Kondisi Jalan Poros Lambuya-Motaha Makin hari Makin Parah

Dia juga menjelaskan, Pemkab Muara Enim berencana akan merelokasi puing puing bangunan rumah yang terbakar tersebut untuk dibersihkan. Kemudian tim dari OPD terkait seperti Dinas Sosial, BPBD, Perkim, Bappeda untuk mencarikan solusi jangka panjang terhadap korban kebakaran tersebut.

“Solusinya, apakah nanti rumah yang terbakar itu akan dibangun kembali, atau bagaimana. Jika rumah yang terbakar akan dibangunkan kembali, tentunya kita mengharapkan kepedulian dari perusahaan yang ada di Muara Enim melalui dana CRS. Untuk itu tim perlu melakukan pendataan secara akurat,” jelasnya.

Sementara itu, Manajer Ranting PLN Muara Enim, Randy, kepada awak media mengatakan, bahwa pihaknya saat ini tengah melakukan perbaikan jaringan listrik PLN di lokasi kebakaran akibat ikut terbakar.

Perbaikan tersebut dengan mengganti jaringan kabel yang terbakar. “ Kita usahakan hari ini (kemarin-Red) perbaikan jaringan kabel listrik PLN di lokasi kebakaran selesai dkerjakan dan listrik PLN sudah bisa menyala. Sedangkan perbaikan jaringan ke rumah rumah penduduk belum bisa dilakukan, karena rumahnya telah terbakar,” jelasnya AFU. (Pal/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini