banner 728x250

Waka Polres dan Personil Polres OKU Selatan Ikuti Apel Kesiapsiagaan Bencana

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Polda Sumsel mengikuti kegiatan Apel Kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana alam tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Pemda OKU Selatan di halaman upacara Pemerintah daerah kabupaten setempat. Kamis (09/03/2023).

Apel dipimpin oleh Wakil Bupati OKU Selatan Sholihin Abu Asir yang diikuti satu pleton pasukan dari Polres OKU Selatan, Dandim 0403 OKU, Satpol PP, Damkar, Dinkes, Dishub, BPBD dan Tagana.

Waka Polres OKU Selatan Kompol Ihsan Hasrul seusai mengikuti kegiatan ini, mengatakan apel siaga bencana ini bertujuan untuk membangun sinergitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai kemungkin resiko terjadinya bencana di Kabupaten OKU Selatan.

Baca Juga :   Tony Blair Institute Dukung Uji Coba Konektivitas Digital IKN

“Meskipun kesiapan peralatan beserta personel dalam kondisi lengkap dan siaga dalam menghadapi bencana, kita tetap berharap dan berdoa agar daerah ini terhindar dari bencana,” harap Waka Polres Kompol Ihsan Hasrul. Kamis (09/03/2023).

Lebih lanjut Waka Polres mengatakan saat ini curah hujan di wilayah kabupaten OKU Selatan cukup tinggi sebagai akibat pengaruh lainnya. Seperti kondisi geologis dan geofisika, memungkinkan terjadinya bencana alam banjir dan longsor.

“Dengan kondisi musim penghujan dan cuaca yang kurang bersahabat, tidak menutup kemungkinan terjadinya cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan bencana alam”, jelasnya

Baca Juga :   Waka Polres OKU Selatan Pimpin Jum'at Curhat di Kecamatan Buay Sandang Aji

Dikatakannya seluruh pihak tentunya perlu untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan baik personil secara individual maupun sumber daya peralatan yang dimiliki oleh masing-masing satgas.

Kompol Ihsan berharap dalam menghadapi berbagai bencana, seluruh elemen penting daerah untuk siap siaga. Terutama jajaran forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, relawan, tenaga kesehatan untuk berpartisipasi aktif dan meningkatkan jalinan komunikasi demi terciptanya pola koordinasi yang baik.

“Semoga ini menjadi prioritas kita agar tercapai kesiapsiagaan dan manajemen penanggulangan bencana yang optimal, serta dapat menginformasikannya kepada seluruh masyarakat tata cara mencegah terjadinya bencana dengan cara pencegahan dan senantiasa menjaga lingkungan dan berperilaku hidup bersih dan sehat”,pungkasnya (Red)