Wagub Sumsel Ajak PTBA Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sumsel

Palembang,Wartaterkini.News– Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap menjadi fasilitator dalam pengembangan kegiatan investasi baik PT Bukit Asam maupun Stakeholder lainnya, dan harus diiringi dengan kebijakan-kebijakan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat, terutama yang berada di Sekitar jalur angkutan transportasi.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat membuka Bimbingan Teknis (Bintek)  dan Forum Grup Diksusi (FGD) perijinan penyelenggaraan Kereta api khusus diselengarakan oleh PT Bukit Asam Tbk di Auditorium Graha Bina Praja, Kamis 31/01/2019.

“Daerah yang digunakan sebagai jalur angkutan transportasi investasi dan digali Sumber Dayanya, seharusnya mampu berdampak pada peningkatan perekonomian bagi daerah dan masyarakatnya,” tegas Mawardi.

Baca Juga :  HD Terima Bantuan Kementerian Hukum dan HAM Bagi Masyarakat Sumsel

Ia mengatakan apabila PTBA ingin mengembangkan penggunaan jalur angkutan maka harus dilakukan koordinasi dan komunikasi yang baik kepada Pemkab atau Pemkot yang akan dilalui, agar tercipta komitmen kerjasama yang baik.

“Sebagai muara akhir dari proses transportasi atau angkutan dengan kereta api. Untuk mendukung secara keseluruhan rencana baik ini, diperlukan komitmen semua pihak dalam penyamaan presepsi dan proses perijinan yang sesuai terhadap peraturan yang ada,” ujarnya.

Baca Juga :  Kepala BSSN Puji CSIRT Sumsel Terbaik diantara Provinsi Lain di Indonesia

Selain itu, Ia juga menghimbau agar PTBA dapat memperhatikan ketentuan perkeretaapian, khususnya UU No. 23 Tahun 2007, karena penyelenggaraan perkeretaapian wajib memiliki perijinan yang baik, ijin prinsip, ijin penentuan lokasi, izin pembangunan, maupun izin pelabuhan.

Sementara itu, Direktur pengembangan Usaha PT Bukit Asam, Fuad Fachrudin mengungkapkan PTBA sebagai BUMN pertambangan batubara dan energy memiliki komitmen pemenuhan target produksi nasional yang berbanding lurus pada pengembangan penggunaan moda transportasi.

“Pengembangan penggunaan moda transportasi perlu didukung oleh Pihak Pemerintah Provinsi Sumsel, agar terwujud moda transportasi yang sesuai perijinan yang ada,” ujarnya.

Baca Juga :  Kementrian Komunikasi dan Informatika RI Himbau Jangan Sebar Hoax Terkait Kecelakan Pesawat

PTBA merupakan salah satu BUMN yang terbesar di Indonesia, dimana pemanfaatan batubara berada pada urutan ke 6 dalam skala nasional, sehingga pengembangan kapasitas produksi dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pasar baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Diskusi dan komunikasi kepada Pihak Pemprov diharapkan dapat mewujudkan mengenai rencana pengembangan angkutan batubara yang sesuai perijinan dan berdampak pada kesejahteraan daerah,” pungkasnya. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini