Waduh.! Puluhan Box Surat Suara DPR Provinsi Tiba di OKU Selatan Rusak dan Basah

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan kembali menerima surat suara tahap dua. Surat suara yang tiba ini dalam keadaan basah dan jumlahnya kurang.

Adapun jumlah Surat Suara (Susu) yang tiba berupa surat suara DPR RI untuk daerah pemilihan Sumsel II dengan jumlah 316.539 lembar dan DPR Provinsi Sumsel (Sumsel 5) berjumlah 275.000 lembar surat suara.

Kasubag Hukum dan SDM KPU OKU Selatan Fadilah Marsad mengatakan, pada Jum’at (05/01/2024) malam, pihaknya kembali menerima surat suara DPR RI dan DPR Provinsi untuk pemilu serentak tahun 2024.

Baca Juga :   Tingkatkan Daya Tarik Tanjung Enim Kota Wisata, PTBA Gelar Workshop & Pelatihan Seni Tari Tanggai

“Surat Suara yang tiba pada tahap dua ini merupakan Surat Suara DPR RI berjumlah 316.539 lembar dan DPR Provinsi berjumlah 275.000 lembar,” jelasnya

Dikatakannya, 316.539 lembar Surat Suara DPR RI tersebut sesuai dengan jumlah DPT dan 2% Surat Suara cadangan. Sedangkan untuk surat suara DPR Provinsi terjadi kekurangan sekitar 41.539 lembar surat suara.

“Kekurangan ini akan segera kita laporkan ke KPU Sumsel dan akan kita buatkan berita acaranya,” jelasnya

Terkait kondisi boks atau dus yang berisi Surat Suara DPRD Provinsi tiba digudang logistik KPU OKU Selatan dengan kondisi basah. Ia mengatakan terjadi kebocoran pada atap armada pengangkut logistik tersebut.

Baca Juga :   Hadiri Acara Pelepasan Siswa/Siswi SMPN 7 Talang Ubi,Ini Pesan Wabup PALI

“Pada proses pengiriman dari pihak ekspedisi, diperjalanan terjadi hujan dan armada pengangkut logistik ini terdapat kebocoran sehingga pada saat hujan terkena air dan basah,” jelasnya

Lebih lanjut ia mengatakan, kondisi ini akan segera dilaporkan. Pihaknya juga belum bisa memastikan jumlah kerusakan pada surat suara.

“Terdapat beberapa box yang basah, namun surat suara yang ada didalam box dibungkus plastik. Kita juga belum bisa memastikan apakah ada suara suara yang rusak atau tidak,” tegasnya (Red)