Viral Kondisi Bau dan Jorok, Wakil Bupati OKU Selatan Sidak Pasar Saka Selabung

oleh

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Persoalan kebersihan di pasar tradisional Saka Selabung Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan menjadi perhatian Wakil Bupati OKU Selatan Solehien Abuasir.

Berdasarkan pantauan media ini, meski tidak masuk dalam agenda resmi, Wakil Bupati yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten OKU Selatan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di pasar Saka Selabung yang menjadi sentral pusat perbelanjaan kabupaten itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Umar Safari., S.ST saat dihubungi oleh wartaterkini.news via seluler mengatakan, inspeksi mendadak yang dilakukan oleh Wakil Bupati OKU Selatan terkait viralnya keluhan masyarakat mengenai kondisi pasar yang jorok dan bau.

Baca Juga :  Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta

“Pada kesempatan ini Wabup menghimbau para pedagang agar tidak membuang sampah sembarangan dan juga bekerja sama menjaga kebersihan pasar karena kebersihan tetap pilihan utama” Ujarnya kepada wartaterkini.news, Jum’at (23-04-2021).

Umar Safari juga mengakui jika ada beberapa lokasi yang menimbulkan bau busuk dan menyengat dari salah satu sudut pasar, tepatnya di bagian tumpukan sampah dekat pemotongan ayam dan beberapa titik lainnya seperti tempat sayur mayur dan lokasi penjualan ikan.

Baca Juga :  Popo Ali Resmi Buka Rangkaian Kegiatan Hut OKU Selatan Ke-16 

“Bau dan kotor tersebut berasal dari saluran pembuangan yang mampet dan juga sampah hasil aktivitas pedagang. Terlihat sisa bulu ayam numpuk dan bekas membersihkan ikan serta sampah dari kantong plastik juga sayur-mayur yang menumpuk di pojok pasar”,jelas Umar.

Lebih lanjut Umar mengatakan terjadinya penumpukan sampah tersebut dikarenakan beberapa waktu yang lalu salah satu petugas kebersihan pasar sedang tertimpa musibah sehingga tidak bisa menjalankan tugasnya.

“Namun saat ini petugas kebersihan sudah kembali aktif dan bisa menjalankan kembali kewajibannya”,ungkap Umar.

Baca Juga :  BPBD OKU Selatan Gelar Apel Kesiapan Personil dan Peralatan Tanggap Bencana

Umar juga mengatakan terkait kebersihan sampah bukan hanya menjadi tanggung jawab DLH saja melainkan juga menjadi tanggung jawab pengelola pasar.

“Kebersihan yang menjadi tanggung jawab DLH yakni, pada bagian badan jalan dan mengangkut sampah yang sudah di dalam kotak sampah, sedangkan untuk kebersihan lingkungan pasar itu menjadi tanggung jawab pengelola pasar,” jelas Umar

Dikatakan Umar terkait hal tersebut dalam waktu dekat pemerintah daerah bersama pihak pengelola pasar akan mengadakan rapat koordinasi untuk mencari jalan keluar dan mencari solusi mengenai kebersihan pasar dan lingkungannya. (Red)

Print Friendly, PDF & Email