banner 728x250

UNIMMA Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Memperingati Hari Lahir Pancasila, UNIMMA menggelar upacara yang diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan, Sabtu (01/06/2024). (foto: dok. UNIMMA/Narwan)

Magelang Jateng, wartaterkini.news – Memperingati Hari Lahir Pancasila, Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar upacara yang diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan (tendik). Upacara dilaksanakan pada Sabtu (01/06) di Kampus 2 UNIMMA, Mertoyudan, Magelang.

Rektor UNIMMA Dr. Lilik Andriyani, S.E., M.Si, sebagai Inspektur Upacara membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Dikatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’/

Tema itu dimaksudkan bahwa Pancasila menyatukan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Baca Juga :   Generasi Klub Persik Kediri Gencar Sosialisasi Pencarian Bakat Sepak Bola Untuk Indonesia

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai- nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Baca Juga :   Salep Luka Bakar KaTriNa Karya Dosen UNIMMA, Raih Penghargaan

Dalam pidatonya Rektor mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong-royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tersebut.

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya. (Narwan/Red)