UNIMMA Bersinergi Dirikan PKU Muhammadiyah Grabag

Magelang Jateng, wartaterkini.newsPembangunan Klinik Utama PKU Muhammadiyah Grabag, Kabupaten Magelang telah tuntas dikerjakan. Klinik tersebut diresmikan oleh Bupati Magelang H. Zaenal Arifin, S.IP. dan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dr. H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes., Sp. ditandai dengan pemotongan pita, Minggu (29/01/2023).

Hadir dalam peresmian tersebut Rektor UNIMMA, Dr. Lilik Andriyani, S.E., M.Si beserta jajarannya. Terkait Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) sebagai salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang berada di satu payung yang sama turut menyukseskan berdirinya fasilitas kesehatan tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Zaenal mengatakan, adanya klinik tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Baca Juga :   Puluhan Ton Sampah Sumbat Aliran Kali Ciherang, 10 Truk Dikerahkan UPTD Wilayah IV Angkut Sampah

“Pelayanan kesehatan ini harus kita maksimalkan. Semoga Klinik PKU ini bisa membantu pemerintahan memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat. Saya nyatakan klinik ini diresmikan,” ucap Bupati Zaenal.

Sementara itu, Rektor UNIMMA berharap agar PKU Muhammadiyah Grabag dapat bermanfaat bagi masyarakat dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. UNIMMA sebagai perguruan tinggi sangat mendukung.

“Alumni-alumni bisa terwadahi untuk mencari pengalaman di sini dan prospek kerja di PKU Muhammadiyah. Kita jaga jalinan kerjasama dan saling bersinergi antar AUM. PKU bukan hanya sebagai Poliklinik, tetapi tumbuh berkembang maju menjadi Rumah Sakit,” ujar Lilik.

Sementara Ketua Panitia, Rohmat Hadisaputro, S.Ag., M.Hum menyebutkan, pembangunan klinik utama menghabiskan waktu pengerjaan selama 11 bulan. Diawali dengan peletakan batu utama di tanah wakaf pada bulan Februari 2022.

Baca Juga :   Soroti Isu KDRT, FH UNIMMA Beri Penyuluhan PCA Mertoyudan

“Kami akan terus membuka layanan kesehatan. Khusus hari ini, layanan diberikan tanpa biaya sesuai kemampuan dokter yang bertugas,” kata Rohmat.

Dijelaskan, PKU Muhammadiyah Grabag akan melayani Unit Gawat Darurat (UGD), poliklinik dokter spesialis, persalinan 24 jam, kesehatan ibu dan anak. Kemudian laboratorium, klinik, fisioterapi, homecare, dan ambulance 24 jam.

Sebelumnya, UNIMMA sudah turut bergabung dalam acara pra-launching dengan menyerahkan bantuan donasi oleh LazizMu Kl UNIMMA kepada PKU Muhammadiyah Grabag pada Minggu (22/01/2023) lalu. Selain itu, UNIMMA juga memberikan dukungan lain berupa bantuan dana untuk pelayanan khitan dan pengobatan gratis oleh LazizMu Kl UNIMMA. Juga pelayanan perawatan luka oleh tim Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UNIMMA dan donasi alat kesehatan berupa 10 tempat tidur pasien. (Kelana/Red)