TPID Sumsel Optimis Komoditas Pangan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Palembang, Wartaterkini.News– Tim Pengendaliam Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Selatan bersama dengan Satgas Pangan Sumsel optimis bahwa harga dan ketersediaan komoditas pangan akan tetap terkendali dan tersedia dalam jumlah yang cukup memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan tahun baru 2019.

Untuk itu, TPID Sumsel menyampaikan pers release stabilitas harga pangan pokok menjelang hari besar keagamaan nasional akhit tahun 2018 dengan mengundang Media lokal dan nasional berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumsel, Kamis (20/12/2018).

Sejumlah pimpinan instansi yang tergabung dalam TPID Sumsel hadir langsung seperti Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel, Yohanes Thoruan  Pjs, Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Hari Widodo, Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumsel Babel, M. Yusuf Salahuddin, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, Erwin Noorwibowo, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, Jon Kenedy dan sejumlah perwakilan OPD terkait lainnya.

Baca Juga :  Musim Panen Raya Harga Beras dan Gabah di OKU Timur Menurun

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel, Yohanes Thoruan mengatakan, TPID Sumsel bersama Satgas Pangan Sumsel didominasi oleh aparat pemerintah dan sejak beberapa tahun terakhir terus melakukan pemantauan perkembangan harga komoditas pangan di Sumsel.

Menurutnya, TPID Sumsel bersama satgas pangan Sumsel terus aktif memantau perkembangan harga dan memastikan ketersediaan pasokan di pasar agar tetap dalam kondisi yang cukup.

“Kenapa ini perlu disampaikan?, karena kita ingin memberikan informasi yang benar kepada masyarakat bahwa di Sumatera Selatan yang namanya harga dan pasokan itu tersedia secara cukup dan stabil, terbukti dengan angka inflasi di Provinsi Sumatera Selatan yang sangat terkendali”, tegas Yohanes.

Dihadapan pada situasi politik saat ini, TPID Sumsel menghimbau masyarakat agar mewaspadai beredarnya informasi perkembangan harga dan pasokan bahan pangan di Sumsel yang belum tentu kebenarannya.

Baca Juga :  Partisipasi Kembangkan Pendidikan Agama Islam, Bupati Pamekasan Terima Penghargaan dari Kemenag RI

“Kita ingin menegaskan dan mengatakan yang benar untuk membantah beredar kabar bahwa komoditas pangan menjadi langkah dan mahal menjelang Natal dan tahun baru. Sebenanrnya, dengan angka kita (TPID Sumsel) tidak ada pasokan komoditi pangan apapun yang kurang, apalagi kebutuhan 9 bahan pokok tersedia secara cukup dan aman harganya sangat terkendali. Jadi, masyarakat kita minta waspada kalau ada informasi yang salah”, terang Yohanes.

Sementara itu, Pjs. Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Hari Wibowo dalam kesempatan itu menyampaikan kondisi inflasi Sumsel terakhir pada bulan November 2018 yang relatif terkendali yaitu sebesar 1,83 % (ytd) atau 2,47 % (yoy) lebih rendah dibandingkan nasional sebesar 2,50 % (ytd) atau 3,23 % (yoy).

Hari Wibowo menjelaskan, capaian inflasi November 2018 Sumsel tercatat rendah selama tahun 2018 dan dibawah rentang target inflasi nasional. “Dengan kondisi tersebut TPID Sumsel optimis inflasi Sumatera Selatan selama tahun 2018 tetap terjaga dalam rentang target pencapaian inflasi yang ditetapkan pemerintah”, ujarnya.

Baca Juga :  Nanan Resmi Bergabung Dengan Partai PKB

Mengantisipasi potensi kenaikan harga komoditas pangan, seluruh instansi terkait yang tergabung dalam TPID Provinsi Sumsel terus melakukan langkah antisipasi diantaranya dengan melakukan pemantauan harga komoditas secara rutin di 5 (Lima) pasar di Kota Palembang.

Kemudian, Perum Bulog Divre Sumsel dan Babel siap menjaga ketersediaan komoditas padangan di Sumsel dengan memenuhi kebutuhan pangan sampai dengan 7,2 bulan kedepan.

Selanjutnya dilaksanakan juga pasar murah dan bazar, memastikan ketersediaan pasokan komoditas perikanan dalam jumlah cukup serta pemantauan harga dan pasokan komoditas pokok oleh Satgas Pangan Sumsel di seluruh Kabupaten dan Kota diwilayah Sumsel. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini