Tjahjo Kumolo Camat Merupakan Garda Terdepan Dalam Percepatan Pembangunan Daerah

oleh

Palembang wartaterkini.news–Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Tjahjo Kumolo membuka sekaligus memberikan sambutan pada acara Rapat Koordinasi Nasional  (Rakornas) Camat Regional II Tahun 2018. Acara diadakan di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (11/10/2018).

Dalam sambutannya, Tjahjo berharap Rakornas Camat Regional II yang dilaksanakan hari ini, dapat menjadi sebuah ide bagi seluruh Camat yang hadir.

“Peran camat bagi pelaksanaan pemerintah sangat penting. Bahkan, camat merupakan ujung tombak keberhasilan pemerintah dan garda terdepan dalam percepatan pembangunan di suatu daerah,” sampainya.

Tjahjo menambahkan, sesuai Undang-Undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan, salah satu perubahan yang sangat esensial yaitu menyangkut kedudukan, tugas pokok dan fungsi kecamatan yang sebelumnya merupakan perangkat daerah otonom dalam kerangka asas desentralisasi, berubah perannya menjadi perangkat daerah otonom yang melaksanakan urusan pemerintahan umum dan kelurahan yang sebelumnya merupakan wilayah kerja lurah.

Baca Juga :  Partai Gelora Kabupaten Bekasi Gelorakan Tanam Pohon Hadapi Climate Change

“Jadi kami berharap seluruh Camat di Indonesia untuk memiliki integritas, tegas lurus dalam memimpin dan terus menyampaikan kepada masyarakat tentang keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan pemerintah dan jadi ujung tombak kesuksesan pemerintah,” terangnya.

Harus dipahami juga, Camat dan lurah selaku perangkat kecamatan dalam menjalankan tugasnya mendapat pelimpahan sebagian kewenangan dari Bupati/Walikota untuk melaksanakan otonomi daerah.

Dimana, dalam melaksanakan urusan pemerintahan umum di wilayah kecamatan, seorang camat harus dibantu oleh Kapolsek dan Danramil yang diwadahi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka).

Baca Juga :  Buka Lokakarya Candi Bumiayu, Plt Bupati PALI : Candi Bumiayu Termasuk Aset Nasional

“Jadi cama memiliki peran kerja yang sama seperti kepala daerah,” ungkapnya.

Kordinasi menjadi langkah tepat dalam melakasanakan fungsi kerja Camat. Dimana, dalam melaksanakan tugas atributif yang meliputi mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah, mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum.

“Mudah-mudahan bagi kurang lebih 700 orang camat dari perwakilan 195 Kabupaten/Kota di 13 provinsi dapat berjalan dengan baik. Saya yakin camat maupun lurah di Palembang bisa menjalankan tupoksi dengan baik dan meningkatkan kualitas pelayanan,” harapnya.

Baca Juga :  KPU OKU Selatan Simulasi Pencoblosan Dengan Prokes Covid-19

Ketua Pelaksana Kegiatan Direktur Jenderal, Bina Administrasi Kewilayahan EKO Subowo melaporkan tema yang dipilih pada Rakornas ini “Peran Strategis Camat Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Wilayah Kecamatan Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tentang Kecamatan”.  Rakornas dimulai tanggal 10 s/d 12 Oktober 2018 di Provinsi Sumatera Selatan.

Tujuan Rakornas Camat Regional II ini adalah “Meningkatkan Kapasitas Camat dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kecamatan berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan,” kata Eko Subowo

Hasil yang diharapkan Camat mampu untuk menyelenggarakan pemerintahan di Kecamatan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan yaitu sebagai perangkat daerah dan penyelenggara pemerintahan umum di kecamatan, pungkas Eko Subowo mengakhiri laporannya. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email