Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Lampura Kukuhkan Relawan Demokrasi

Lampung Utara,Wartaterkini.News–
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara kukuhkan dan melakukan Bimtek Relawan Demokrasi KPU yang bertempat di Gedung Korpri Setempat. (29/1/2019).

Sebanyak 55 orang relawan demokrasi yang dikukuhkan dan diberikan Bimbingan Teknik sebagai bekal untuk melakukan tugas menyosialisasi terkait Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan pemilihan lresiden wakil persiden (Pilres) Serentak 2019.

Ketua KPU Kabupaten Lampung Utara Mathon, mengungkapkan bahwa Relawan sekarang sudah merupakan bagian dari penyelenggara, jadi terikat akan aturan dan kode etik yang dimohon dengan sangat untuk diperhatikan.

Baca Juga :  Pasca Banjir di Cibuntu Kapolsek Cikarang Barat Ikut Bersihkan Lingkungan

“Relawan diminta menjaga integritas dan profesional, imparsial, jujur, adil dan nonpartisan, menjaga adat istiadat dan budaya lokal”. ungkapnya

Relawan Demokrasi Pemilu 2019 menjadi tugas mulia yang turut berperan aktif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam Pemilu yang ada digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Kita berharap penyelenggaran Pemilu 2019 tingkat partisipasi pemilih dapat lebih meningkat. Tugas kita penyelenggara adalah memastikan hak politik warga mendapatkan akses dan layanan yang baik dan benar untuk memberikan suaranya pada Pemilu 17 April 2019″. tutupnya.

Baca Juga :  Babinsa Aktif Pantau Posyandu di Desa Srikandang Jepara

Menurut dia, puluhan relawan itu secara prinsip bekerja sosial, menjadi penyambung lidah KPU sesuai basis pemilih yang telah ditentukan agar kualitas pemilu mendatang semakin baik.

“Harapannya partisipasi pemilih meningkat dan kepercayaan publik terhadap penyelenggara juga demikian. Lalu agar masyarakat semakin sadar akan hak pilihnya termasuk pemilu merupakan tanggungjawab bersama,” katanya.

Lebih lanjut Mathon menuturkan, sesuai target tahun ini jumlah partisipasi masyarakat dapat mencapai angka sedikitnya 80 persen. Terkait bimtek, para relawan demokrasi diberikan materi seputar tahapan Pemilu 2019. Kemudian dibekali pengetahuan demokrasi, teknik berbicara di depan umum, serta teknis lapangan. (Rizal.As/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini