banner 728x250

Tingkatkan PAD, Pemda OKU Selatan Gencar Pasang Tapping Box

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel cabang pembantu Muaradua menggencarkan pemasangan tapping box di sejumlah tempat usaha dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) wilayah setempat.

Kepala Bidang Pembukuan dan Laporan Keuangan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) OKU Selatan Shinta Rosa Indah di Muaradua, Sabtu mengatakan bahwa pemasangan tapping box menyasar pada sejumlah tempat usaha seperti hotel dan restoran di wilayah setempat.

“Sebelumnya tapping box dipasang di kawasan Objek Wisata Danau Ranau. Sekarang pemasangan dilanjutkan di beberapa tempat usaha di sekitar pasar Muaradua,” katanya.

Dia mengatakan, untuk pemasangan kali ini menyasar pada tempat usaha di sekitar kawasan Muaradua, ibu kota Kabupaten OKU Selatan mulai dari cafe, rumah makan dan restoran siap saji.

“Untuk kawasan Pasar Tradisional Muaradua ada tiga unit tapping box yang kami pasang,” jelasnya.

Dia menjelaskan, tapping box adalah alat yang berfungsi untuk merekam transaksi pada mesin penjualan di tempat usaha seperti hotel, rumah makan dan tempat hiburan.

Baca Juga :   Debitur Kredit Macet Bank Sumsel Babel di Panggil Kejaksaan Negeri OKU Selatan

Alat ini dipasang diantara mesin kasir dan Central Proceccing Unit (CPU)/hardware komputer untuk memantau setiap transaksi pembayaran di tempat usaha tersebut.

Saat mesin mencetak struk, data yang di kirim ke printer akan ditangkap tapping box sehingga setiap transaksi dapat terekam dan terpantau.

Menurut dia, pemasangan tapping menjadi salah satu cara pemerintah untuk menghindari kebocoran pajak daerah akibat kecurangan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Selain sebagai upaya meningkatkan PAD, pemasangan tapping box ini juga merupakan bagian dari pengawasan dan pengendalian Wajib Pajak (WP),” tegasnya. (*)