Tingkatkan PAD di Sektor Pariwisata Pemda OKU Selatan Libatkan Bumdes Teken MoU

oleh -282 views

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Guna mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata, Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan gelar rapat koordinasi pengelolaan destinasi wisata di kawasan Danau Ranau.

Tak hanya itu rakor ini juga sekaligus penandatanganan surat perjanjian kerjasama antara Pemerintah kabupaten OKU Selatan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUM Des), bertempat di ruang rapat terbatas kantor Bupati OKU Selatan. Kamis (04-02-2021).

Rapat tersebut dipimpin langsung Bupati OKU Selatan Popo Ali, didampingi Wakil Bupati OKU Selatan, Sekretaris Daerah, Asisten III, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Camat Banding Agung, Camat Warkuk Ranau Selatan, dan Kepala UPTD Pariwisata Danau Ranau.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan, Pembangunan Gedung Capil Terus Digenjot

Kepala Bappeda Kabupaten OKU Selatan Lin kulin, mengatakan kerjasama pengelolaan objek wisata kabupaten OKU Selatan dengan Pemerintah daerah, dimulai dari ranau rafting, pantai bidadari, pantai pelangi, air panas danau ranau, air terjun subik tuha, pendakian gunung seminung dan kios pusat kuliner serta souvenir Banding Agung.

“Tujuan dari kerjasama dengan Bum Des ini, agar pengelola wisata ada kepastian hukum, transparansi retribusi tarif atau karcis masuk dan parkir serta keikutsertaan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata di Kawasan Danau Ranau”,jelasnya.

Baca Juga :  Kapolres Labuhanbatu AKBP. Agus Darojat Laksanakan Safari dan Shalat Subuh Berjamaah

Sementara itu Bupati OKU Selatan Popo Ali dalam arahannya mengatakan, OKU Selatan mempunyai potensi yang sangat luar biasa yang harus dikembangkan, karena dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumsel hanya kabupaten OKU Selatan yang mempunyai potensi pariwisata yang kompetitif.

“Terkait kerjasama ini saya meminta komitmen dari semua pihak, untuk sepakat melaksanakan kerjasama dalam perawatan, penjagaan, keamanan, kebersihan dan semua aset Pemerintah Daerah bisa dikelola dengan baik, agar para pengunjung bisa nyaman berwisata ke Danau Ranau”,jelas Popo.

Baca Juga :  Jelang Pilkada Serentak Pemda OKU Selatan Ikiuti Rakor

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien, mengajak masyarakat desa untuk bersama membangun dan memanfaatkan potensi wisata yang ada.

“Pemkab juga mengajak kita semua untuk memulai membangun daerah secara profesional. Kedepan bagaimana pengelolaan, keberlanjutan dan potensi yang ada di desa dapat memberikan hasil dan pendapatan daerah. Sehingga komitmen dari semua pihak bisa dilaksanakan sesuai peraturan yang telah disepakati”,jelas Wabup.

Selanjutnya rapat tersebut di akhiri dengan penandatanganan surat kerjasama obyek wisata, antara Pemerintah Kabupaten OKU Selatan dengan Kepala Desa dan Ketua Bum Des yang terlibat. (Red)

Print Friendly, PDF & Email