Tingkatkan Kunjungan Desa Wisata, Menparekraf Sandiaga Uno Luncurkan Senandung Dewi 2024

Jakarta, wartaterkini.news–Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan “Senandung Dewi (Semarak Event Unggulan di Desa Wisata) 2024” dengan tujuan memperkenalkan berbagai event unggulan untuk menarik lebih banyak wisatawan ke desa wisata di seluruh Indonesia.

Dalam acara “The Weekly Brief With Sandi Uno” yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (1/7/2024), Sandiaga Uno menjelaskan bahwa inisiasi “Senandung Dewi” merupakan hasil kolaborasi dengan enam event di desa wisata.

“Saya sangat mengapresiasi desa wisata se-Indonesia yang telah mengusulkan event-event berkualitas untuk berkolaborasi dalam program ‘Senandung Dewi’. Kita harapkan ini bisa mendatangkan kunjungan wisatawan ke desa wisata,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga :   Apresiasi Pengungkapan Narkoba Terbesar, Kapolda Sumsel Rachmad Wibowo: Ini Prestasi Luar Biasa

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, menambahkan bahwa Kemenparekraf telah menjalankan program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) selama empat tahun, menciptakan ekosistem yang semakin baik. Program dukungan lain kini dihadirkan untuk mengembangkan desa wisata dengan fokus pada keberlanjutan (sustainability), skalabilitas (scalability), dan nilai jual (sellable). Salah satunya adalah melalui penyelenggaraan event.

“Event menjadi salah satu instrumen paling efektif untuk mengundang wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara,” kata Vinsen.

Program “Senandung Dewi” akan menjalankan dua skema: mengkurasi desa wisata yang sudah memiliki event namun belum berkembang, dan merancang event menarik sesuai kearifan lokal bagi desa wisata yang belum memiliki event.

Baca Juga :   UMKM Elemen Kunci Pengembangan Potensi Desa

Enam event yang berkolaborasi dalam “Senandung Dewi 2024” meliputi:

  1. Penglipuran Village Festival XI di Desa Wisata Penglipuran, Bali, pada 4-7 Juli 2024.
  2. Butuh Sidowarna Shadow Puppet Festival di Desa Wisata Wayang Sidowarna, Klaten, Jawa Tengah, pada 10-11 Agustus 2024.
  3. Hyang Argopuro Festival Jember, kolaborasi lima desa wisata, pada 12-13 September 2024.
  4. Ngopi Padang Mbulan Rame-Rame di Desa Wisata Ketapanrame, Mojokerto, Jawa Timur, pada 19 September 2024.
  5. Festival Gema Budaya di Desa Wisata Kreatif Terong, Belitung, pada 4-7 November 2024.
  6. Event Pariwisata di Desa Wisata Golo Bilas, Manggarai Barat.
Baca Juga :   Menparekraf: IKN Punya Magnet yang Tinggi bagi Investor

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Sugianto dari Pokdarwis Desa Wisata Adat Arjasa Jember secara luring dan I Wayan Budiarta, Kelihan Adat Desa Wisata Penglipuran secara daring. (**)