banner 728x250

Tingkatkan Kualitas Produk Lokal, Pemkab PALI Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Pelaku Usaha

PALI Sumsel, wartaterkini.news– Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Koperasi dan UMKM, bekerja sama dengan PT Indomarco yakni Indomaret, melakukan Pelatihan Kewirausahaan Mandiri, untuk Pelaku Usaha.

Pelatihan Kewirausahaan Mandiri, mengambil tema Strategi Peningkatan Kualitas Produk Menuju UMKM Naik Kelas, kegiatan ini bertempat di Guest House Kecamatan Talang Ubi. Rabu (24/01/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Widodo Branch Manager PT Indomarco Prismatama cabang Palembang, Siswanto Manager Area kabupaten Muara Enim dan PALI, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan.

Adapun peserta yang mengikuti Pelatihan Kewirausahaan, berjumlah 100 orang, terdiri dari yang punya per Lebel maupun tidak punya Lebel.

Dibenarkan oleh Rohman, S.Pd, M.Pd, Plt Kadin Koperasi dan UMKM, kegiatan ini bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama kota Palembang, sebagai sponsor.

Baca Juga :   Wabup PALI Bersama BNNP Sumsel Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Desa Air Itam Induk,Timur dan Utara

“Kegiatan ini mendukung Program Pak Bupati, yakni Sentra Ekonomi Rakyat, adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas Produk lokal, dan bisa menembus pasar di tingkat lokal maupun nasional,” ungkapnya.

Ia menuturkan dinas Koperasi dan UMKM, dalam mendukung Pelaku UMKM, telah melakukan beberapa kegiatan seperti Festival Sagururung, Gres Sagururung.

“Dalam mempromosikan Produk Lokal, dinas Koperasi dan UMKM, dengan menggunakan Aplikasi Medsos, baik online maupun Offline,” ungkapnya.

Ia berterima kasih kepada PT Indomarco Prismatama, telah ikut berpartisipasi, menyumbang dua unit gerobak usaha, peserta yang dapat bantuan tersebut, melalui kupon diambil secara acak.

“Sekian lama dalam pengembangan produk lokal, Dinas Koperasi dan UMKM bekerja sama dengan PT Indomarco, setiap Produk unggulan di kabupaten PALI, akan masuk di Indomaret, dari jalan simpang belimbing, hingga Indomaret kabupaten PALI, seperti Ikan Sagururung,” pungkasnya.

Baca Juga :   Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Musi 2024, Ini Pesan Bupati PALI

Ia berharap Pelaku Lokal, bisa mempromosikan diri, melalui Media Sosial, seperti Facebook, Instragram dan lainnya, sebab itu lah alat pengembangan dalam produk dijual.

Widodo Branch Manager PT Indomarco Prismatama cabang Palembang, mengatakan dalam mendukung Pelaku UMKM lokal di kabupaten PALI, perusahaan memberikan dua gerobak secara gratis.

Bukan itu saja bagi Pelaku Usaha lokal di kabupaten PALI, yang memiliki Produk Unggulan, bisa masuk outlet Indomaret, asal bisa menjaga kualitasnya, tinggal berkomunikasi manajemen development PT Indomarco.

“Bagi Pelaku Lokal kabupaten PALI, harus bisa berkembang dan bisa meningkatkan kualitas Produk, karena kualitas itulah daya jual dari Produk itu sendiri,”tuturnya.

Mewakili Bupati, Agen Eledi, Staf Ahli Bupati Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, meminta maaf bahwa Bupati tidak menyempatkan membuka secara langsung kegiatan ini, dikarenakan ada kegiatan yang lebih penting.

Baca Juga :   Polsek Palengaan Amankan Puluhan Sepeda Motor dalam Penindakan Balap Liar

“Pemkab PALI selalu berusaha memfasilitasi pelaku UMKM, agar bisa berkembang, dan mampu berinovasi, dalam memasarkan produknya”,ungkapnya.

Ditambahkannya, semakin banyak Pelaku Usaha dan Produk yang di hasilkan, bisa meningkatkan perekonomian rakyat, serta bisa meningkatkan Pendapatan Daerah itu sendiri.

“Pelaku usaha lokal harus bisa mempertahankan ciri khas daerahnya, seperti Ikan Sagururung, apalagi pusat oleh-oleh kabupaten PALI, akan masuk di Outlet Indomaret, itu sudah luar biasa,”tutupnya. (Hr/Red)