Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Dinkes OKU Selatan Re-Akreditasi Puskesmas Simpang

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Puskesmas Simpang menerima kunjungan tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Lembaga Akreditasi Komite Mutu Kesehatan Primer (KMKP) dalam rangka Re-Akreditasi Puskesmas Simpang yang sebelumnya meraih kategori Madya, Senin (06/11/2023).

Tim Surveyor terdiri atas 2 orang yang diketuai oleh dr. Angga Rumeo Pratama., M.H.,Kes.,MM, beserta rekannya, dr. Isa Dwiyono akan melakukan survei akreditasi dengan melihat langsung kegiatan dan pelayanan Puskesmas selama 3 hari, dimulai pada hari ini Senin hingga Rabu 06-08 September 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, dr. Meri Astuti melalui Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Selatan, Zulfahmi
dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Surveyor di Kabupaten OKU Selatan terkhusus di Puskesmas Simpang.

Baca Juga :   Pj Gubernur Dorong Peningkatan Perekonomian Jakarta Berskala Global

“Kehadiran surveyor kali ini semoga bisa menambah semangat, sumbangsih saran dan rekomendasi kepada Puskesmas Simpang dalam meningkatkan mutu dan manajemen Puskesmas demi memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Simpang, Imelda Oktasia., SKM, saat diwawancara usai pembukaan kegiatan, berharap puskesmas simpang dapat memperoleh predikat nilai paripurna pada akreditasi kali ini.

“Dari seluruh rangkaian proses persiapan Re-Akreditas yang telah dilakukan, kami berharap Puskesmas Simpang dapat memperoleh predikat paripurna, karena dengan meningkatnya predikat yang kami peroleh tentunya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas Simpang ini,” ungkapnya.

Baca Juga :   Dinkes OKU Selatan Gelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten 

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan dilakukannya akreditasi Puskesmas untuk membina puskesmas dan meninjau fasilitas pelayanan kesehatan primer dalam upaya memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan, dan manajemen risiko.

“Salah satu cara untuk menilai mutu dan kualitas pelayanan puskesmas dilakukan dengan akreditasi. Implementasi standar akreditasi akan menjamin manajemen puskesmas, penyelenggaraan program kesehatan dan pelayanan klinis dilakukan secara berkesinambungan,” tandasnya

Seusai kegiatan dibuka, tim Surveyor kemudian mengambil alih kendali kegiatan selama 3 hari ke depan untuk pelaksanaan penelusuran dokumen, penelusuran sistem penyelenggaran dan fasilitas serta wawancara bersama lintas sektor dan pimpinan manajemen.

Baca Juga :   Jamin Ketersediaan Energi Jelang Pemilu dan Libur Panjang, Kapolda Sumbar Apresiasi Pertamina

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten OKU Selatan, Camat Simpang, Kapolsek Simpang dan Kepala Desa Se-kecamatan beserta undangan lainnya. (Red)