banner 728x250

Tingkatkan Kreativitas Persit KCK Cabang XLV Kodim 0826 Pamekasan Gelar Pelatihan Membatik Ecoprint 

Pamekasan Jatim, wartaterkini.news – Persit KCK Cabang XLV Kodim 0826 Pamekasan melaksanakan pelatihan pembuatan Batik Ecoprint bertempat di Aula Makodim 0826 Pamekasan, Jum’at (17/03/2023).

Batik ecoprint ini merupakan salah satu jenis batik yang metode pembuatannya memanfaatkan pewarna alami dari tanin atau zat warna daun, akar atau batang yang diletakan pada sehelai kain, kemudian kain tersebut direbus.

Ketua Persit KCK Cabang XLV Kodim 0826 Pamekasan Ny. Nuraini Ubaydillah mengatakan tujuan pelatihan pembuatan Batik Ecoprint untuk mengasah keterampilan istri prajurit serta untuk dapat membantu perekonomian keluarga.

“Pelatihan ini selain untuk memajukan industri kecil menengah (IKM), juga agar istri prajurit mempunyai keterampilan yang dapat bermanfaat untuk membantu perekonomian keluarga,” ucap Ny.Nuraini Ubaydillah.

“Batik Ecoprint mempunyai nilai ekonomi dan nilai seni yang tinggi serta dengan bahan-bahan yang sangat mudah didapat sehingga bisa dikerjakan dirumah-rumah,” lanjutnya.

Baca Juga :   Penjagub Gorontalo Tinjau Posko Terpadu Bandara Djalaludin

“Karena keterampilan ini juga mampu dikembangkan secara baik dan professional, maka diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan ibu-ibu dalam membuat pola maupun pewarnaan pada kain, mengingat Ecoprint selain hemat dan efesien, juga sangat ramah lingkungan,”tutupnya.