Senin, Januari 24, 2022
Google search engine
Google search engine
BerandaBeritaTingkatkan Kewaspadaan di Musim Penghujan Untuk Menghindari Potensi Bencana

Tingkatkan Kewaspadaan di Musim Penghujan Untuk Menghindari Potensi Bencana

Jepara Jateng, wartaterkini.news–Kota Jepara diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terjadinya sejumlah bencana alam.

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto, pada Rabu (12/1/2022) pagi, di kantornya.

Potensi hujan lebat disertai angin, terjadi selama dua hari Rabu dan Kamis, 12 dan 13 Januari 2022. “Kami menghimbau kepada masyarakat, baik yang berada di daerah lereng pegunungan, juga wilayah pesisir untuk tetap waspada. Segera laporkan jika ada kejadian bencana,” kata Arwin.

Baca Juga :  Komisi I : Tingkatkan Kewaspadaan Siber di Tengah Pandemi

Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiksika (BMKG) Jawa Tengah, wilayah Kabupaten Jepara masuk kategori menengah tinggi untuk bulan Januari hingga Februari 2022.

Dari peringatan dini cuaca Jawa Tengah tanggal 12 Januari 2022, Kecamatan kedung berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang. Kondisi ini, juga dapat meluas ke wilayah Kecamatan Pecangaan, Welahan, Mayong, Batealit, Jepara, Mlonggo, Bangsri, keling, Tahunan, Nalumsari, Kalinyamatan, Kembang, dan Pakis Aji.

Baca Juga :  Naas Kecelakaan Maut Renggut Nyawa Dua Warga Desa Lubuk Rumbai

Untuk itu, Arwin mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin, serta dampak lain seperti banjir bandang, longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Mohon kepada masyarakat untuk sementara menjauhi bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir serta lereng berpotensi longsor,” kata dia.

Arwin juga sudah menyampaikan imbauan ini kepada para petinggi desa, pimpinan Perangkat Daerah, stasiun radio, hingga grup-grup para relawan di Kabupaten Jepara untuk tetap siaga.

Baca Juga :  Musim Penghujan,Banyuwangi Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi

“Apabila terjadi musibah atau bencana dapat melapor ke BPBD Jepara di (0291) 598291 serta di nomor whatsapp 0811-27664-51,” pungkasnya. (Sumber: Diskominfo Jepara/Eko/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine
Google search engine

Covid-19 Counter

Indonesia
4,286,378
Total Kasus
Updated on 24 January, 2022 9:06 am

Paling Populer

Headline News

error: Content is protected !!