Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Babinsa Giwangan Beternak Ikan

Kota Yogyakarta DIY, wartaterkini.newsKesejahteraan perekonomian merupakan masalah yang sangat penting dalam kehidupan Prajurit. Oleh karena itu segala upaya dan kegiatan akan selalu dilakukan oleh seorang prajurit untuk mewujudkannya.

Tak terkecuali Serda Hartono seorang Babinsa Koramil 07/Umbulharjo Kodim 0734/Kota Yogyakarta. Dia bertugas di wilayah binaannya di Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY.

Berangkat dari niat untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga, Serda Hartono memelihara ikan di rumahnya di wilayah Berbah Kabupaten Sleman. Selain sudah memelihara ikan, Babinsa ini ikut bergabung dengan kelompok tani “Mino Tirto” Karongan, Jogotirto, Berbah, Sleman.

Melihat potensi geografi wilayah binaannya yang banyak terdapat beberapa lahan kolam ikan. Salah satu di antaranya adalah milik Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang dikelola oleh SD Negeri Mendungan RW 12 Ngaglik, Kelurahan Giwangan, Umbulharjo.

Baca Juga :  BIN Sumsel Terus Bergerak Datangi Desa, Vaksinasi Warga OKU Selatan

“Kemudian muncul di benak saya untuk memelihara ikan,” ungkap Serda Hartono, Jumat (24/06/2022).

Awalnya dia melakukan koordinasi dan disepakati dengan kerjasama melalui MoU dengan pihak SD Negeri Mendungan. Akhirnya Serda Hartono bisa memelihara ikan dengan jumlah 4 kolam.

“Saya pelihara ikan jenis Nila dan Bawal. Benih saya ambil dari Sleman, untuk benih ikan Nila seberat 70 kg dengan jumlah ikan 80-100 ekor/Kg di kolam ukuran 15 x 7 meter. Serta benih ikan Bawal seberat 3,5 kwintal dengan jumlah ikan 5 sampai 7 ekor/Kg di kolam ukuran 15 x 7 meter dan 15 x 3 meter. Serta ada 1 kolam ukuran 15 x 3 meter untuk campuran ikan Nila dan Ikan Bawal,” terang Hartono.

Baca Juga :  Babinsa Koramil 01/Magelang Tengah Dampingi Vaksinasi Anak di SD Negeri Kemirirejo 1

Saat ini umur ikan di kolamnya memasuki usia 4 bulan, dan dicek telah bertambah besar. Hartono mengaku sangat teliti dalam memberi pakan, yaitu pelet juga rompesan sayur yang didapat dari Pasar Giwangan.

Apa yang dilakukan Serda Hartono mendapatkan apresiasi dan dukungan positif dari Danramil 07/Umbulharjo Mayor Inf Diya, bahkan Danramil tidak sungkan untuk datang ke lokasi kolam dan ikut serta memberi makan pada ikan.

Baca Juga :  Babinsa Dampingi Vaksinasi Bumil di Puskesmas Bandongan

Hartono berharap apa yang dilakukan ini bisa untuk memberikan motivasi semangat dan contoh untuk masyarakat juga untuk teman-teman TNI dan PNS. Dikatakan, seiring berjalannya waktu perkembangan kebutuhan ekonomi sudah jelas akan terus meningkat.

Menurutnya, banyak yang bisa kita lakukan untuk dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga khususnya memenuhi kebutuhan, sehari-hari. Mulai dengan niat baik, usaha dan berdoa serta tidak mudah putus asa.

“Apa yang kita lakukan Insha Allah akan selalu diberikan kemudahan, yang pasti tetap semangat, selama kita mau berbuat. Hasil tidak akan mengkhianati usaha,” kata Serda Hartono. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini