Tim Gabungan TNI-Polri Laksanakan Razia di Lapas Kelas II Magelang

Razia dan penggeledahan Blok Tahanan di Lapas Kelas II Magelang oleh Tim Gabungan TNI-Polri, Kamis (22/08/2024). (foto: Narwan)

Kota Magelang Jateng, wartaterkini.news Tim Gabungan TNI-Polri melaksanakan Razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Magelang, Kamis (22/08/2024). Tim Gabungan ini beranggotakan Babinsa Koramil 01/Magelang Tengah Kodim 0705/Magelang, Anggota Polsek Magelang Tengah Polres Magelang Kota, dan petugas dari Lapas setempat.

Tim Gabungan TNI-Polri bersama petugas Lapas Kelas II Magelang. (foto: Narwan)

Sebelum melakukan kegiatan razia dan penggeledahan, terlebih dahulu Tim Gabungan melaksanakan Apel di Halaman Lapas yang dipimpin oleh Kepala Lapas (Kalapas).

Danramil 01/ Magelang Tengah Kodim 0705/ Magelang melalui Babinsa Serka Samsudin mengatakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut permohonan tertulis dari Kalapas Kelas II Magelang. Bahwasanya akan dilaksanakan kegiatan inspeksi mendadak (sidak) ke Blok Tahanan di Lapas yang beralamat di Jalan Sutopo No. 2, Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang itu.

Baca Juga :   Polres PALI Gelar Upacara Sertijab,Berikut Daftar Nama-Namanya

“Sasaran dari razia dan penggeledahan ini adalah para penghuni Lapas dengan kapasitas over load. Tim merazia terhadap benda-benda terlarang, termasuk benda tajam yang tidak sesuai penggunaannya. Selain itu juga dilakukan tes urine terhadap seluruh penghuni Lapas,” terang Serka Samsudin.

Hasil dari kegiatan razia dari Tim Gabungan, bahwa di masing-masing kamar hunian Warga Binaan tidak ditemukan barang-barang terlarang, juga tidak didapati benda-benda tajam yang tidak sesuai penggunaannya. Serta tidak ditemukan adanya narkotika obat berbahaya dan senjata tajam.

Baca Juga :   Cegah Karhutlah, Polres OKU Selatan Lakukan Patroli Jarak Jauh

Sedangkan dari hasil tes urine, secara keseluruhan tidak terdeteksi atau didapati warga binaan maupun penghuni Lapas yang terindikasi mengonsumsi narkoba.

“Sehingga dapat dipastikan untuk saat ini kondisi Lapas Kelas II Magelang masih dalam keadaan aman dan terkendali,” ucap Babinsa Serka Samsudin.

Serka Samsudin mengimbau kepada pihak Lapas agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala, terlebih mengingat kapasitas Lapas yang over load.

“Razia dan penggeledahan oleh Tim Gabungan TNI-Polri semacam ini sebagai bentuk upaya deteksi dini akan gangguan keamanan dan ketertiban, terhadap warga binaan dan penghuni Lapas itu sendiri,” imbaunya. (Narwan/Red)