The 7th Beneficium, Wujud Nyata Kontribusi FEB UNIMMA untuk UMKM

Tangkapan layar monitor temu virtual Seminar Nasional The 7th Beneficium, Rabu (12/06/2024). (foto: FEB UNIMMA/Narwan)

Magelang Jateng, wartaterkini.news Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) menggelar Seminar Nasional dan call for paper dengan tajuk Beneficium.

Agenda tahunan kali ini telah memasuki tahun ketujuh, mengangkat tema ‘Artificial Intelligence (AI) to Create Business Sustainability: Innovation, Creativity and Social Responsibility in Digital Era’. Rangkaian acara dilakukan melalui ruang temu virtual pada Rabu (12/06/2024).

Dalam kesempatan tersebut, dihadirkan tiga narasumber di antaranya Profesor Madya Dr. Juhaini Jabar (Universitas Teknikal Malaka), Dr. Siti Noor Khikmah, M.Si. (FEB UNIMMA) dan Indah Wulandari, S.Pd. (Praktisi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)). Acara diikuti oleh 300 peserta dengan melibatkan 10 co-host yaitu FEB Universitas Muhammadiyah Buton, Jember, Metro dan Bangka Belitung. Juga Universitas Muria Kudus, Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa, Kalla Institute, Veteran Bangun Nusantara, Shanti Bhuana dan STIE Rajawali dengan lebih dari 80 paper yang dipresentasikan.

Baca Juga :   PPMT UNIMMA Berdayakan Kelompok Wanita Tani Tonalan Srumbung

Dekan FEB UNIMMA Dr. Rochiyati Murniningsih, S.E., M.P. menyampaikan, pemilihan tema dalam the 7th Beneficium menjadi wujud kontribusi FEB UNIMMA untuk keberlangsungan UMKM.

“Dengan keterbatasan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) UMKM, semestinya mahasiswa, dosen, expert dan semua komponen masyarakat harus bisa memotivasi pelaku UMKM untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi AI. AI bisa dimaksimalkan UMKM untuk mencapai efektivitas dan efisiensi dalam pengembangan karyawan atau SDM,” tuturnya.

Baca Juga :   KPU OKU Selatan Resmi Lantik 95 Anggota PPK

Dijelaskan pula bahwa dari segi pemasaran bisnis, hadirnya AI semakin memudahkan UMKM untuk menentukan jenis dan target promosi yang lebih strategis.

“Teknologi AI juga dapat mengambil data dan menyasar pengguna dalam jangkauan yang lebih luas serta sasaran calon konsumen bakal lebih terukur,” imbuhnya.

Dekan FEB berharap, the 7th Beneficium dapat memotivasi entrepreneur dan UMKM untuk pengembangan bisnis serta FEB UNIMMA terus berkontribusi dan berperan dalam kemajuan UMKM untuk Indonesia berkemajuan. (Narwan/Red)