banner 728x250

Tetapkan Produk Unggulan Daerah Kabupaten PALI, Balitbangda Gelar FGD Bersama OPD Terkait 

PALI Sumsel, wartaterkini.news– Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatra Selatan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penetapan produk unggulan daerah, khususnya di Kabupaten yang berjuluk Bumi Serepat Serasan. Rabu (08/5/2024)

Bertempat di Guest House Bupati PALI, Desi Rosalia Kaban Balitbang kabupaten PALI, mengatakan FGD penentuan dalam rangka penyusunan dokumen rencana induk dan Peta Jalan Pemajuan IPTEK di Daerah.

“Usulan ini akan di masukkan di RIPJPD tahun 2024 nantinya, FGD kali ini dihadiri beberapa OPD yang berkaitan langsung, diantaranya Dinas Pertanian, Disperidag, Dinas Koperasi dan UMKM,” ujarnya.

Menurut Kabanlitbangda ini, RIPJPD merupakan dokumen teknis penunjang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan dalam FGD ini di indentifikasi beberapa produk unggulan daerah PALI, yaitu Sagururung, Kripik Jengkol, kerajinan aluminium, klaster pariwisata candi Bumi ayu dan batik PALI.

Baca Juga :   Apresiasi Program Umroh Gratis dari Bupati PALI, Irwan: Ini Perlu Dilanjutkan dan Bahkan Ditingkatkan

“Indentifikasi hari ini akan ditindak lanjuti dengan kajian lebih lanjut secara akademis,”tambahnya

Masih menurut Desi Rosalia, dari 6 Produk Unggulan tersebut, masih ada unggulan lainnya yakni Klaster Pariwisata candi Bumi ayu dan akan ada tarian kebudayaan dan makanan.

Acara ini dihadiri oleh Kadin Koperasi dan UMKM, Perwakilan Bappeda, Dinas Perikanan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Penyuluh Pertanian, tim pengembangan inovasi daerah.

Adapun narasumber hari ini, yakni Bapak Drs.Priyambodo D.,M.Si, Ir.Atang, Drs. Joko Dwiheriyanto., MM, jabatan sebagai Perekayasa Badan Riset Inovasi Nasional. (Hr/Red)