Tersisa 8 Hari, TPS Khusus di Tambang Belum Jelas

Ternate Malut, wartaterkini.news–Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di area tambang di Halmahera Tengah hingga kini belum ada kejelasan. Padahal, hari pencoblosan Pemilu 2024 tinggal menghitung hari.

“Saat ini hanga ada satu TPS khusus di Rutan. Sementara untuk tambang sampai sekarang belum ada informasi TPS khusus, hasil koordinasi dengan KPU juga belum ada,” kata Kapolres Halmahera Tengah, AKBP Faidil Zikri, di Weda, Senin (5/2/2024).

Meski begitu, kata Kapolres, pihaknya sudah menyiapkan 292 personel melakukan pengamanan TPS saat hari H pencoblosan. Rinciannya, 198 personel Polres, 94 personel BKO Polda untuk PAM TPS, 33 BKO Brimob dan 27 BKO Samapta. Seluruh personel akan mengamankan 291 TPS yang tersebar di 61 desa di 10 kecamatan.

Baca Juga :   Akademi Perbankan Nusantara Aceh Timur Gelar Wisuda Angkatan ke-23

Kapolres juga menambahkan, seluruh sarana prasarana dan personel yang melaksanakan pengamanan akan diberangkatkan.  Personel pengamanan Pulau Gebe diberangkatkan pada 7 Februari, sedangkan, di wilayah Patani diberangkatkan H-4 dan H-3 sebelum pencoblosan.

Kapolres menambahkan, giat cooling system‘ guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu juga sudah dilakukan. Harapannya, pelaksanaan Pemilu dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

“Cooling system merupakan kegiatan rutin yang kita tingkatkan untuk mengantisipasi gangguan yang terjadi terhadap keamanan yang berhubungan dengan Pemilu,” katanya.

Baca Juga :   Pastikan Stamina Tetap Terjaga, Personil Operasi OMB Polres OKU Selatan Rutin Cek Kesehatan

Selain itu Kapolres mengatakan, pihaknya telah membangun pos terpadu TNI-Polri yang berada di Lalilef. Pos itu bertujuan mengantisipasi gangguan kamtibmas dan gangguan lain dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Pada prinsipnya kami siap mengamankan Pemilu dengan semangat,” ujarnya.

Sebagai Kapolres dirinya berharap, masyarakat agar senantiasa menjaga keamanan, ketertiban demi terselenggaranya Pemilu yang aman.

“Jadi kalau ada masyarakat memiliki info terkait adanya kecurangan pada pelaksanaan Pemilu, bisa sampaikan ke Bawaslu atau ke WhatsApp pribadi saya di nomor yang sudah disiapkan,” ujarnya. Irwan Djailan/MC Tidore