Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian, Berintegrasi Dalam Piktar Ke-26 di Akademi Militer

Piktar Ke-26 Tahun 2022 dilaksanakan di Akademi Militer Magelang tanggal 12 - 15 September 2022 diikuti oleh 408 Taruna, dan mempertandingkan 7 cabang olah raga yaitu: menembak pistol dan senapan, atletik, renang, bola voli, bulu tangkis, serta tenis lapangan. (foto: Penhumas Akmil/Narwan WT)

Magelang Jateng, wartaterkini.newsPekan Integrasi dan Kejuangan Taruna (Piktar) Ke-26 dibuka resmi oleh Wakil Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc. Upacara Pembukaan Piktar berlangsung di Stadion Sapta Marga Akademi Militer, Magelang, Senin (12/09/2022) pukul 08.00 WIB.

Sebanyak 408 Taruna Akademi TNI, mulai dari Akmil, AAL, AAU, serta Akademi Kepolisian, mengikuti Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna (Piktar) ke-26 tahun 2022, selama lima hari ke depan.

Dalam sambutannya, Danjen Akademi TNI yang di bacakan oleh Wadanjen menguraikan, kegiatan Integratif Kemitraan Akademi TNI salah satunya adalah Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna yang dilaksanakan 2 tahun sekali. Seyogyanya piktar terakhir dilaksanakan pada tahun 2021, karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia mempengaruhi rencana kegiatan Piktar. Yang telah disusun dalam Kalender Kegiatan Integratif Kemitraan Akademi TNI.

Baca Juga :  Terkait Rapelan CPNS Morotai 2013/2014, Pemda Morotai Bakal Tindaklanjut Pembayaran

“Oleh karenanya patut kita syukuri bersama Piktar dapat digelar kembali pada tahun ini di Akademi Militer,” ujarnya.

Kegiatan Piktar merupakan wadah bagi para Taruna untuk menjalin hubungan yang baik satu dengan lainnya dan membangun komunikasi yang intensif antar Taruna. Serta memupuk jiwa juang yang tangguh melalui pertandingan olah raga baik militer maupun olah raga umum dengan menjunjung tinggi sportivitas.

Baca Juga :  Bupati Sampaikan Jawaban Pemandangan Umum Anggota DPRD OKU Selatan

Sehingga terwujud integrasi yang solid dari Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian. Hal ini selaras dengan tema yang diusung pada Piktar Ke-26 tahun 2022 ini. Yaitu, “Kejuangan Tangguh, Integrasi Solid”.

“Melalui tema ini diharapkan akan dapat ditumbuhkembangkan semangat kebersamaan, persaudaraan dan kekeluargaan. Serta jiwa korsa (esprit de corps) yang tinggi antar Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian, yang nantinya akan berguna sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas ke depan,” tegas Wadanjen Akademi TNI.

Piktar Ke-26 tahun 2022 ini dilaksanakan mulai tanggal 12 – 15 September 2022 diikuti oleh 408 Taruna sebagai atlet dan supporter. Serta mempertandingkan 7 (tujuh) cabang olahraga (cabor), yaitu: menembak pistol dan senapan, atletik, renang, bola voli, bulu tangkis, serta tenis lapangan.

Baca Juga :  Wagub Sumsel Serahkan Hadiah Lomba Foto Kejuaraan Dunia MXGP 2019

Seluruh atlet dari Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian terintegrasi dalam bentuk kontingen, yaitu: kontingen Macan, Hiu, Elang dan Kijang. Selain menggelar pertandingan olah raga Taruna akan ditampilkan pentas seni dan budaya dari masing-masing Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian pada malam akrab di akhir pertandingan. Sebagai ajang aktualisasi jiwa seni para taruna, dengan demikian akan menambah kehangatan integrasi taruna dalam kegiatan Piktar. (Narwan/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini