Tanyakan Ketransfaran Pengelolaan CSR, Masyarakat Blora Gruduk Kantor DPRD

oleh -177 views

Blora Jateng, wartaterkini.news–DPRD Blora menerima audensi masyarakat Blora terkait transparansi Pengelolaan dana CSR dari Perusahaan perusahaan yang ada di kabupaten Blora. Senin (29-03-2021).

Sebelumnya rombongan masa yang menamakan diri masyarakat Blora tersebut melakukan aksi di depan CPP Pertamina Gundih Aset 4 area Cepu kecamatan Kradenan desa Sumber, baru berlanjut ke Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Blora.

Kedatangan rombongan massa dari masyarakat kabupaten Blora ini diterima langsung oleh pihak DPRD Blora di pendopo DPRD, dengan mendengarkan keluh masyarakat terkait keteransfaran dalam pengelolaan dana CSR perusahaan perusahaan yang ada di kabupaten Blora.

Hadir dalam audensi ini warga Desa Sumber, Sentani dan Front Blora Selatan ini, Anggota DPRD Komisi C dan B, sedangkan dari pihak Eksekutif nampak hadir perwakilan dari seluruh OPD  Pemda kabupaten Blora.

Baca Juga :  Hendra Gunawan Optimis Tim LDN Desa Sugih Waras Jadi Yang terbaik

Pada audensi ini juga napak pihak kepolisian dari Polres Blora mengawal jalannya audensi, sehingga berjalan kondusif dan mematuhi protokol kesehatan.

Salah satu perwakilan santri yakni, Exi Agus Wijaya mengatakan selama ini pengelolaan dana CSR diduga tidaka ada ketransfaran alias sangat gelap, padahal Perda dan Perbup yang mengatur soal dana CSR sudah ada.

“Namun siapa yang mengelola dan tim yang di bentuk oleh pemerintah kabupaten Blora ini mana?. Dan selama ini apa saja dilakukan dalam pengelolaannya”. ucapnya

Sementara itu Kristi Ageng H, perwakilan dari Front Blora Selatan menyampaikan harapannya, dengan adanya perusahaan yang ada di Blora bisa mensejahterakan masyarakat Blora.

Baca Juga :  Melalui Pamsimas Pemerintah OKI Kembangkan Program Air Bersih¬†

Ia juga menekankan jika pihaknya tidak menolak investor datang ke Blora. “Kami tidak menolak para investor datang ke sini, namun laksanakan kewajiban dan hak yang harus dilakukan perusahaan sesuai regulasi untuk kesejahteraan bersama”,bebernya

Hal senada juga dikatakan Mochamad Mukhlisin anggota DPRD Blora dari Fraksi PKB mengungkapkan jika selama ini pihaknya belum mendapat laporan terkait dana CSR dan jumlah perusahaan yang harus memenuhi kewajiban CSR.

“Selain itu pengalokasian dana CSR juga dimana saja, yang mengelola siapa ini harus lebih transparan”,ungkapnya

“Makanya audensi tadi sangat kita apresiasi, dan akan menjadi pintu masuk untuk transparansi terkait CSR, Kalau regulasi saya kira cukup, masalahnya hanya pada tingkat pelaksanaannya”,tambahnya

Baca Juga :  Bupati Pamekasan Fasilitasi Siswa Kelas Akhir Daftar Calon Praja IPDN

Selain itu Giliran Warga Sumber Suwoto juga menyampaikan aspirasi kepada Perusahaan Pertamina terkait CSR dan pengrekrutan tenaga kerja lokal, pembangunan serta pemeliharaan jalan Peting sampai menden, begitu juga dengan limbah air yang digunakan pihaknya punya uji lab.

“Ada beberapa poin juga yang kami sampaikan ke pihak DPRD Blora, diantaranya sarana irigasi yang membuat mampet dan jika hujan malah mengenang, perlu koordinasi dengan pemerintah desa ini yang belum maksimal, terkait Jaringan Gas desa kami belum ada yang berfungsi tetapi desa Menden malah sudah berfungsi lama”,tutup. (Lilik Yuliantoro/Red).

Print Friendly, PDF & Email