Sumsel Zero Asap Adalah Kebutuhan Masyarakat

Sumsel wartaterkini–Gubernur Sumsel Herman Deru  (HD) menegaskan,  Sumsel Zero Asap akibat Karhutla adalah kebutuhan masyarakat, bukan hanya lantaran agar tidak malu terhadap dunia internasional atau sesaat untuk perhelatan Asian Games saja.

Udara bersih itu kebutuhan masyarakat. Jadi zero asap itu bukan hanya sesaat untuk Asian Games saja,” jelasnya.

Oleh karena itu Herman Deru menginstruksikan kepada jajaran dinas terkait dan satgas untuk tetap serius menanggulangi gangguan asap di Sumsel.  Herman Deru juga minta agar masyarakat di Pedesaan dilibatkan  Hal itu ditegas HD dalam rapat bersama Wagub Sumsel Mawardi Yahya di Griya Agung, Sabtu (06/10/2018) malam

Rapat ini dihadiri Kepala BPBD Iriansyah, Kadishut, Pandji Tjahjanto, Kadis Pertanian, Erwin Noorwibowo, Kadis LH, Edward Chandra dan Staf Khusus Gubernur bidang Perubahan Iklim Provinsi Sumsel Najib Asmani.

Baca Juga :  Safari Jumat, Gubernur Serap Aspirasi Warga Bukit Lama

Sementara Kepala BPBD Sumsel , H.Iriansyah, SKM., MKes  pada saat Konferensi Pers, Minggu (7/10) mengatakan kondisi cuaca di Sumsel memang sedang kemarau panjang.
buy bactroban online buy bactroban online no prescription

Diakuinya hot spot meningkat di beberapa titik di Sumsel khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin dan beberapa Kabupaten lainnya.

Lanjut Iriansyah, musim kemarau tahun ini agak lama bahkan menurut perkiraan BMKG diperkirakan sampai akhir Oktober. “Kita selaku Satgas hutan dan lahan tetap mengantisipasi tersebut dengan mengupayakan pemadaman hutan dan lahan baik dari darat maupun udara,”ujarnya.

Baca Juga :  Taruna Akmil Tingkat IV Lakukan Tradisi Korps

Lanjut Iriansyah, karhutla baik darat dan udara dilakukan bersama-sama oleh BPBD, Manggala Agni, TNI/Polri serta stakeholder yang terkait. “Kita bersama-sama melakukan pemadaman darat dimana ada titik hotspot kita lakukan pemadaman,”tuturnya.

Selanjutnya, pemadaman udara, katanya dilakukan juga melalui helikopter, saat ini masih ada enam helikopter untuk pemadaman udara. “Alhamdulillah kebakaran hutan yang ada di Ogan Ilir khususnya jalan tol, Pegayut, Indralaya Utara, Rambutan Ogan Ilir, kemarin sudah padam hingga hari ini,”terangnya.

Begitu juga, helikopter water boombing masih terus memadamkan jika ada api. Dia menambahkan, terus dilakukannya pemadaman karhutla ini sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel. “Karhutla kami tindak lanjutkan bersama di lapangan dan kami lakukan pencegahan dan pemadaman di setiap titik api yang ada melalui darat maupun udara. Ini salah satu tindak lanjut dari satuan tugas yang dibentuk Gubernur Sumsel, saat masih terus berjalan,”terangnya.

Baca Juga :  Kisah Markaban Pemburu Tokek Asal Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Sehari Hingga Dapat Rp 150 Ribu.

Lanjut dia, sekarang kondisi cuaca cukup baik. Kemudian jarak pandang baik di Kota Palembang maupun di sekitaran bandara lebih dari 10 KM, jadi cukup baik. “Mari kita jaga wilayahnya, baik bupati, camat dan desa agar wilayah desanya tidak terbakar,” ungkapnya.

MC Diskominfo Prov.Sumsel/CleY

Foto Nopri BPBD SS

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini