Sukseskan Pilkada Serentak,Bankesbangpol PALI Gelar Forum Diskusi Politik Tahun 2024

Oplus_0

PALI Sumsel,Wartaterkini.news–Jelang pesta Demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak tahun 2024, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Forum Diskusi Politik tahun 2024 bersama sejumlah Kader Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten PALI,Selasa 2 Juli 2024.

 

Kegiatan forum diskusi ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) PALI, Drs H Soemarjono,Komisioner KPU, Ketua Badan Pengawas pemilu (Bawaslu) serta kader dari sejumlah Partai Politik yanga ada di PALI dengan mengusung tema “Meningkatkan Peran Serta Partai Politik dalam mensukseskan  Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

 

Indra Syafrizal SE yang menjabat sebagai Kabid Politik dalam negri dan Organisasi Kemasyarakatan pada Badan Kesbangpol PALI,yang sekaligus juga Ketua Pelaksana acara hari ini mengatakan bahwa, kegiatan ini di laksanakan sesuai dengan UU no 2 tahun 2008 tentang Partai Politik, juga peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2010 tentang Pedoman Fasilitasi Penyelenggaraan Pendidikan Politik, serta peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil.

Baca Juga :   Pererat Silahturahmi Antara Pemerintah dan Masyarakat, Pemkab PALI Kembali Gelar Safari Ramadhan

 

Adapun narasumber dalam acara Forum Diskusi Politik tahun 2024 ini antara lain, Abdul Rahman yang menjabat sebagai Komisioner KPU dan Lestrianti, AM.Kep dari Bawaslu kabupaten PALI.

 

Dalam sambutannya Drs Darmawi,M.Si,selaku Kepala Badan Kesbangpol PALI melalui M Sunadi sebagai Sekretaris badan, mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan agar para Peserta yang terdiri dari berbagai Parpol yang ada di PALI dapat menambah pengetahuan tentang Mekanisme Pemilihan Kepala Daerah.

 

“Pada Pemilukada serentak tahun 2024 ini, kabupaten PALI juga termasuk daerah yang akan melakukan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,untuk itu perlu peran serta yang besar dari Partai Politik , ” ungkapnya.

Baca Juga :   Jelang Idul Fitri 1445 H, Pemkab PALI Pantau Harga Pangan di Pasar Inpres Pendopo

 

“Kegiatan ini juga menjelaskan peran dan Fungsi Parpol, dalam menegakkan demokrasi di indonesia,terangnya.

Ia menghimbau kepada seluruh warga di kabupaten PALI, agar tetap menjaga kenyamanan dan keamanan dalam Pemilihan Kepala Daerah nantinya.

 

“Pada tanggal 27 November tahun 2024 nanti, datang ke TPS pilihlah sesuai Calon Kepala Daerah yang sesuai dengan hati nurani masing – masing, soal berbeda pilihan itu biasa, jangan sampai ada permusuhan serta pecah belah satu sama lainnya”,tegasnya

Sementara Wabup PALI mengatakan bahwa diskusi Politik ini di selenggarakan oleh Pemkab PALI dengan tujuan untuk mensukseskan jalannya Pemilukada serentak 2024, dan pada kesempatan ini juga saya mengingatkan seluruh pengurus Parpol adalah tugas kita untuk mensukseskan jalannya sistem demokrasi yaitu Pemilukada 2024.

Baca Juga :   Pemkot Surabaya Terjunkan 1.749 Mahasiswa MSIB ke Seluruh Pelayanan OPD, Kecamatan, hingga Balai RW

 

Dalam pemaparannya, Narasumber dari Komisioner KPU Abdurrahman SE,dan  Ketua Bawaslu Lestrianti, AM.KEP mengharapkan bahwa pada saat pemilihan nanti tidak ada lagi pemilih yg belum terdaftar dan harus menggunakan KTP untuk mendapatkan hak pilihnya, karena semua sudah terdaftar di dalam DPT, Kecuali orang tersebut pindah tempat tinggal setelah proses Coklit selesai.(Hr/Red)