banner 728x250

Sukseskan Pilkada Serentak, TAPD OKU Selatan Siapkan Anggaran 48 Milyar

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Guna menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menyiapkan anggaran sebesar Rp 48 Milyar untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Jumlah tersebut akan dialokasikan untuk penyelenggaraan pilkada yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang. Yakni untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan wakil bupati.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Selatan M Rahmatullah. Rabu (11/10/2023).

Ketua DPRD OKU Selatan Heri Martadinata mengungkapkan, anggaran tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 dan tahun 2024. Mengingat Pemda atau TAPD berkewajiban membantu terlaksananya Pilgub dan Pilbup dalam melaksanakan demokrasi.

Baca Juga :   Angin Kencang, Satu Unit Rumah di OKU Selatan Roboh Tertimpa Pohon

“Kalau untuk Pemilu tanggal 14 Februari, seluruh anggarannya ditanggung oleh pusat. Ditanggal itu kan pemilihan DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD serta pemilihan Presiden dan wakil presiden,” jelasnya.

Lebih lanjut Heri mengatakan, Anggaran Pilkada ini terbagi untuk penyelenggaraan pemilu, meliputi Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp 30 Milyar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp 10 Milyar.

“Sedangkan TNI-POLRI kita anggarkan lebih kurang 8 Milyar, namun anggaran ini masih tentatif dan bisa berubah, kita lihat dan sesuaikan dengan kebutuhan mereka,” tandas Heri

Baca Juga :   Ketu TP-PKK OKU Selatan dan Asisten Satu Hadiri Isra Mi’raj Nabi Muhammad

Hal senada juga disampaikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) kabupaten OKU Selatan M Rahmatullah, ia mengatakan pihaknya telah menerima usulan hibah penyelenggara pemilu dan masih dalam proses pembahasan.

“Untuk besaran anggarannya sudah kita siapkan, namun ini bersifat sementara belum bisa dipastikan karena masih dalam tahap pembahasan,” jelasnya

Adapun besar anggaran yang disiapkan oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kabupaten OKU Selatan yakni, KPU sebesar Rp 30 Milyar, Bawaslu Rp 10 Milyar, sedangkan untuk TNI-POLRI lebih kurang Rp 8 Milyar.

Baca Juga :   Matangkan Persiapan Hiburan Rakyat HUT Ke -20, Pemda OKU Selatan dan Polres Gelar Rakor Bersama

“Selain anggaran yang disiapkan oleh TAPD OKU Selatan, Bawaslu dan KPU juga bakal menerima bantuan dana dari Pemerintah Provinsi, oleh karena saat ini kita masih melakukan komunikasi dengan Pemprov Sumsel,” tandasnya (Red)