Sukseskan Pemilu 2019 Pemprov Sumsel Sosialisasi Percepatan Penerbitan KTP-el

Palembang,wartaterkini.news– Keberhasilan pelaksanaan Pilkada di Sumsel dengan kondusif didukung oleh semua pihak yang telah berhasil menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, salah satunya yaitu ketersediaan data kependudukan yang baik.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra,  Dr.  H. Ahmad Najib,S.H.M. Hum. saat membuka acara sosialisasi percepatan penerbitan KTP-el Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Jumat,  07/12/2018.

“Melalui kegiatan ini, mari kita tuntaskan rekam cetak KTP-el, demi mensukseskan pemilu 2019, karena syarat bagi masyarakat yang ingin memungut suara yaitu harus memiliki KTP-el,” katanya.

Ia mengatakan bahwa melalui sosialisasi ini, maka akan dapat memberikan informasi penting mengenai kemudahan-kemudahan dalam pelayanan masyarakat terutama dalam hal perekaman KTP-el.

Baca Juga :  Putus Rantai Penyebaran COVID-19, Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Penumpang Jalani Rapid Test

“Masyarakat membutuhkan informasi yang valid, mengenai tata cara perekaman KTP-el yang baik, agar masyarakat dapat menggunakan pelayanan masyarakat dengan mudah,” ujarnya.

Ia berharap agar disdukcapil dan seluruh elemen masyarakat tidak berhenti untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk merekam KTP-el, agar dapat menggunakan hak pilihnya di pemilu yang akan datang.

“Mari kita lakukan perekaman KTP-el dengan mendatangi disdukcapil di daerah masing-masing, dan kepada petugas yang akan melaksanakannya berikanlah layanan yang terbaik dan berikan informasi yang seluas-luasnya sehingga mereka ingin melakukan perekaman KTP-el yang baik dan akhirnya pemilu akan sukses,” ajaknya.

Baca Juga :  Herman Deru Ajak Semua Rajut Kembali Kebersamaan dan Berjuang Bersama

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Provinsi Sumsel, Drs.  Reinhard Nainggolan mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena masih adanya masyarakat Sumsel yang belum merekam KTP-el.

“Berdasarkan rekapitulasi dilakukan berdasarkan data dari Disukcapil se-Sumsel per 28 November 2018, jumlah penduduk Sumatera Selatan,  8.181.311 jiwa, dan yang wajib memiliki KTP-el adalah sebanyak 5.803.862 jiwa,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa tercatat 5.692.275 jiwa yang sudah memiliki KTP-el atau 98,08%, dan yang belum memiliki KTP-el yaitu 11.587 jiwa atau 1,92%.

“Masih adanya masyarakat yang belum membuat KTP-el, mendorong Pemprov Sumsel melalui Disdukcapil Prov Sumsel untuk melaksanakan kegiatan ini, agar seluruh lapisan masyarakat dapat memiliki KTP-el yang dapat digunakan sebagai identitas warga negara RI,” katanya.

Baca Juga :  Kwarcab OKU Selatan Lantik Pengurus Pramuka Saka Bakti Husada.

Kegiatan ini dihadiri oleh 200 orang peserta yang berasal dari perwakilan KPU,  Bawaslu, Camat,  Disdukcapil se-Sumatera Selatan,  Instansi Vertikal,  OPD,  perguruan tinggi, tokoh agama, pemuda dan masyarakat, media cetak, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumsel,  dan juga Kepala Disdukcapil se-Sumsel.

Turut hadir sebagai narasumber Direktorat Jenderal Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI,  Drs. A. S. Tavipiyono. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini