Soal Dugaan Korupsi di Puskesmas Daruba, Kadiskes Morotai Merasa Kaget

Kepala Dinas Kesehatan Pulau Morotai, dr. Gischar Croons

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news–Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Morotai, dr. Gischar Kroons merasa kaget dengan adanya informasi dugaan Korupsi Anggaran Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun 2023 di Puskesmas Daruba.

Untuk itu, senin pekan depan pihaknya akan turun langsung ke Puskesmas Daruba, Kecamatan Morotai Selatan, guna melakukan evaluasi kinerja.

“Terkait masalah yang kemarin (Dugaan Korupsi), saya kaget juga, makanya nanti hari Senin (15/01) kami akan turun ke Puskesmas Daruba untuk evaluasi kinerja,” tutur dr. Is sapaannya, Jumat (12/01/2023)

Baca Juga :   Pemda Morotai Rencana Bangun Gudang Beku 500 Ton Untuk Ikan Dasar

Sebenarnya kata dia, setiap awal tahun pada bulan januari, Dinas Kesehatan (Dinkes) Morotai turun di setiap Puskesmas untuk melakukan evaluasi kinerja.

“Misalnya di tahun 2023, pada awal tahun kami juga turun ke Puskesmas, dan menyampaikan kebijakan-kebijakan terbaru yang akan dilaksanakan di tahun 2023, salah satunya yaitu Dana BOK Salur langsung tahun 2023. BOK salur langsung ini penyalurannya langsung dari Kementerian Keuangan ke Rekening Puskesmas tidak melalui Kas Daerah,” bebernya

Baca Juga :   TNI-Polri Lakukan Pengamanan dan Pengawalan Distribusi Logistik Pemilu

Di setiap Puskesmas pihaknya juga menyampaikan transparansi dan akuntabilitas beranggaran.

“Transparansi itu, semua besaran anggarannya harus dipasang di depan Puskesmas, karena itu sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada petugas dan masyarakat supaya mereka dapat menilai dana dalam satu tahun, namun di Puskesmas Daruba saya liat tidak ada,” ungkapnya saat ditemui wartawan

Selain itu, pada awal pertemuan bersama Kepala Puskesmas (Kapus) dan Staf, terdapat komplain dari para staf namun ia menganggap hal tersebut hanyalah dinamika rapat.

Sehingga ia menghimbau kepada Kapus dan Staf agar lebih solid menjalankan Program karena jika tidak hal tersebut dapat mengganggu pelayanan kepada masyarakat. (Endi/Red)