banner 728x250

SMSI OKU Selatan dan Organisasi Profesi Kesehatan Se-OKU Selatan Bersatu Gelar Bakti Sosial

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–OKU Selatan Salah satu konstituen Dewan Pers Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten OKU Selatan bersama Organisasi Profesi Kesehatan Se-OKU Selatan melakukan bakti sosial bersama dalam rangka bulan suci Ramadhan 1444 H. Kegiatan sosial bersama ini berlangsung di aula Lapas Kelas IIB Muaradua. Rabu (05/04/2023).

Diketahui, organisasi kesehatan yang turut ambil bagian dalam Baksos ini yakni, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI).

Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Hadir pada kegiatan ini, Kalapas Kelas IIB Muaradua, Reza Yudistira Kurniawan, Ketua SMSI OKU Selatan Sri Fitriyana, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang OKU Selatan, dr. Febri Mahardika.,Sp.Og, Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Cabang OKU Selatan, Hj Meliasari.,S.kep.MM, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang OKU Selatan, Hj Rina Anita, S.ST, S.KM

Terlihat hadir juga Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Cabang OKU Selatan, Erma Juningsih, AMd.KL, Ketua Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Cabang OKU Selatan, Desvianti, A.Md.Gz, Ketua Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Cabang OKU Selatan Muhamad Iqbal, AMAK.

Baca Juga :   Berkah Ramadhan, SMSI OKU Selatan dan PPNI Berbagi Takjil dan Bansos

Nampak juga hadir Ketua Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Cabang OKU Selatan Hj. Ernie Winiarti, SKM.MM, Ketua Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Cabang OKU Selatan, Wynda Puspa Azalea, S.Farm, M.KM dan Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang oku selatan, Apt.Sawaluddin,S.Farm.

Kalapas Kelas II B Muaradua, Reza Yudistira Kurniawan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan dukungan organisasi profesi kesehatan dan SMSI OKU Selatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Muaradua.

“Hampir dua tahun saya menjabat sebagai Kalapas, namun kegiatan seperti ini baru pertama kali dilakukan di lapas Kelas IIB Muaradua”, ungkapnya

Selain itu, Kalapas juga menyampaikan permohonan maaf, dalam penerimaan kunjungan ini, terdapat kekurangan karena mengingat banyaknya aturan yang harus diterapkan di Lapas Kelas II B Muaradua OKU Selatan.

“Saya sangat berterima kasih atas kunjungan ini. Tentu saja kami sangat senang dengan kunjungan dari rekan-rekan dari organisasi kesehatan dan SMSI OKU Selatan. Mohon maaf jika tadi bapak dan ibu sekalian merasa kurang nyaman karena harus diperiksa sebelum masuk ke sini, memang seperti itu standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku dan harus diterapkan,”Ujar Kalapas.

Baca Juga :   Personel Lanud Dominicus Dumatubun Gelar Latihan PHH Jelang Pemilu

Sementara itu Ketua pelaksanaan kegiatan yang juga ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten OKU Selatan, Hj Meliasari mengatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh DPD PPNI cabang OKU Selatan dan SMSI OKU Selatan dalam rangka bulan suci Ramadhan 1444 H.

“Kegiatan bakti sosial ini kemudian dilaksanakan secara bersama-sama dengan organisasi profesi kesehatan lainnya sehingga dapat berjalan lancar dan sukses”, ungkapnya

Dikatakannya pada kegiatan bakti sosial ini berupa pembagian takjil, juga diadakan penyerahan bantuan berupa perlengkapan ibadah, seperti sajadah, al-Qur’an dan kipas angin karpet, dispenser, botol minuman juga perlengkapan lainnya.

“Saya mewakili rekan-rekan dari SMSI dan organisasi profesi kesehatan, meminta jangan melihat apa yang kami berikan karena tidak seberapa nilainya, tapi ini adalah wujud kepedulian kami untuk masyarakat khususnya warga binaan. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut ke depannya”, pungkasnya

Sementara itu, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) OKU Selatan, Sri Fitriyana mengucapkan terima kasih kepada seluruh organisasi profesi kesehatan yang ada di OKU Selatan yang telah berkenan bergabung pada kegiatan ini.

“Terima kasih kepada semua organisasi profesi kesehatan yang turut mensukseskan kegiatan ini. Berkat kebersamaan dan kekompakan, kegiatan bakti sosial di bulan penuh berkah ini dapat terlaksana dengan baik”,ungkapnya

Baca Juga :   Peringati HKN Ke-59, Dinkes OKU Selatan Gelar Gerakan Nasional Aksi Bergizi

Dikatakan Ayik sapaan akrab Sri Fitriyana, dipilihnya lapas Kelas IIB Muaradua sebagai penerima baksos, mengiat warga binaan merupakan bagian dari masyarakat yang kebanyakan dianggap sebelah mata bahkan terkesan tidak baik dimata masyarakat karena statusnya sebagai tahanan.

“Status WBP identik dengan pelaku kriminal yang tidak layak dimanusiakan. Karena itu kami memilih WBP sebagai sasaran dengan harapan dengan adanya kunjungan ini dapat membuka pemikiran WBP jika mereka diterima dan tidak dikucilkan karena kesalahan mereka yang telah ditebus dengan menjalani hukuman”,pungkas Ayik

Selesai pembagian takjil dan penyerahan bantuan kelengkapan ibadah, kegiatan dilanjut dengan edukasi kesehatan yang disampaikan oleh ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang OKU Selatan dr. Febrinata Mahardika, Sp.Og. (Red)