Siswa Berprestasi Asal OKU Selatan Raih Program Kennedy Lugar Youth Exchange And Study

OKU Selatan,Wartaterkini.News– Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU) Selatan kembali merasa bangga atas prestasi siwa asal OKU Selatan yang kembali menorehkan prestasi di bidang pendidikan. Jika sebelumnya Ilham, pelajar asal OKU Selatan berhasil menorehkan prestasi di ajang Olimpiade Sains Matematika Tingkat Internasional di Korea Selatan. Kini pelajar asal OKU Selatan kembali menorehkan prestasi di ajang internasional.

Pelajar berprestasi tersebut yakni Mona Intan Purnama Sari, Siswa Kelas 8 SMA Negeri Sumatra Selatan. Mona berhasil meraih program Kenedy Lugar Youth Exchange And Study ( K – L YES ) .

Program ini diselenggarakan oleh Pemerintah Amerika Serikat dengan memberikan kesempatan kepada siswa kelas 8 untuk belajar selama 1 tahun di Senior High School ( setingkat SMA) di Amerika Serikat. Program ini dicanangkan untuk siswa berprestasi dari negara dengan mayoritas penduduk muslim. Negara yang mendapat kesempatan mengikuti program ini diantaranya Malaysia, Bosnia, Maroko, Turki dan negara dengan mayoritas penduduk muslim lainnya termasuk Indonesia.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan GelarĀ Open House

Seleksi peserta program tersebut dimulai pada bulan Oktober 2018 dn ditutup pada bulan November 2018. Di Indonesia, ada 80 pelajar dari 34 provinsi yang mengikuti seleksi ini. Dari provinsi Sumatra Selatan tercatat 4 orang siswa yang dinyatakan lolos dalam seleksi pertukaran pelajar tersebut. Salah satunya Mona Intan Purnama Sari yng berasal dari Kabupaten OKU Selatan. Mona akan menempuh pendidikan di Amerika Serikat selama Satu Tahun.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel dan Bupati OKU Selatan Lepas 2500 Peserta Jass 9 Dengan Protokol Kesehatan

Mona Intan Purnama Sari berasal dari keluarga yang sederhana. Prestasi yang diraihnya bukan hasil instant. Semua itu berkat perjuangan, kerja keras dan kecerdasan yang dimiliki oleh Mona.

Mengetahui adanya siswa berprestasi dari Kabupaten OKU Selatan yang berhasil menorehkan prestasi di ajang Internasional, Bupati OKU Selatan, Popo Ali, merasa bangga dengan prestasi yang di raih oleh para pelajar OKU Selatan tersebut. Selain merasa bangga bupati OKU Selatan pun sudah bertemu dengan Mona.

Bukan hanya Bupati OKU Selatan, Kepala Dinas Pendidikan OKU Selatan, Zulfakar Dani, juga mengatakan merasa sangat bangga dan mengapresiasi prestasi yang diraih oleh kedua pelajar asal OKU Selatan, Mona dan Ilham.

Baca Juga :  Bupati OKU Selatan Harapkan Festival Danau Ranau Berlangsung Megah

“Mereka telah membanggakan nama OKU Selatan di ajang Internasional, terlebih lagi mereka merupakan Putra dan Putri asal OKU Selatan. Dimana sebelumnya mereka telah menempuh pendidikan di OKU Selaran.”Ujarnya

Begitu juga dengan Mona dan Ilham, mereka menyampaikan rasa bangga dan bahagia dengan prestasi yang mereka raih dapat mengharumkan nama daerah asal mereka, OKU Selatan.

Kabupaten OKU Selatan merupakan Kabupaten penghujung di Provinsi Sumatra Selatan. Meskipun demikian, kabupaten ini memiliki prestasi yang telah diukir oleh para pelajarnya. Dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh para pelajar asal OKU Selatan ini diharapkan kedepanya mereka bisa menjadi pemimpin bangsa di masa depan. (Ayik/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini