Siesmograf Sering Dirusak Pendaki,Wako Sidak Pos Pemantau

Pagaralam,wartaterkini.news~
Walikota Pagaralam Alpian Maskoni,S H Senin (5/11) mendatangi Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD) yang terletak di Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagaralam Utara.

Pantauan di lokasi orang nomor satu di bumi Besemah ini untuk meninjau alat-alat siesmograf yang ada di Pos pemantau yang selama ini dikabarkan mengalami kerusakan sehingga menyulitkan pihak pos untuk mendeteks aktifitas seperti guncangan,getaran gempa yang terjadi di gunung api tersebut.

Baca Juga :  Lakukan Tindak Pidana Pencuian Uang, Kejagung Nyatakan Berkas Perkara DS Lengkap

Kepada Wartawan Alpian mengatakan,jika melihat kondisi alat-alat yang ada dan keterangan petugas pemantau memang alat tersebut sudah tua atau uzur sehingga memang layak untuk diganti.

“Saya hanya ingin memastikan,bahwasanya dikabarkan ada salah satu alat pemancar yang terletak di puncak merapi mengalami kerusakan,dan di duga kerusakan dilakukan oleh pendaki itu sendiri,”ungkap Alpian.

Namun,Kata Alpian, alat tersebut sudah dapat diperbaiki oleh petugas pos pemantau,namun kedepanya pemkot Pagaralam akan mencoba menganggarkan pengadaan alat tersebut.

Baca Juga :  Walikota Pagaralam Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi

“Mudah-mudahan kedepan pemkot melalui dinas terkait dapat menganggarkan alat tersebut,”tukasnya.

Soal kerusakan alat pemancar yang diduga dirusak oleh pendaki,Alpian berharap agar hal ini terus di sosialisasikan oleh pihak terkait,bahkan bila perlu pakai bahasa yang mudah dimengerti oleh pendaki.

“Saya minta kepada dinas terkait,baik itu Dinas Pariwisata,BPBD, dan lain untuk lebih kreatif di pintu pendakian,bila perlu setiap pendaki dikasih formulir atau mengisi data diri sehingga pendaki yang melakukan pendakian terdata dengan baik,dan bila mana ada kejadian apapun diatas akan lebih mudah mengetahui sumbernya sehingga ada deteksi dini yang bisa dilakukan untuk masyarakat Pagaralam ” pungkasnya. (Repi Black/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini