banner 728x250

Siap Amankan Pemilu 2024, Polres OKU Selatan Gelar Simulasi Sispamkota

OKU Selatan Sumsel, wartaterkini.news–Dalam rangka kesiapan Operasi Mantap Brata Musi 2023-2024, Polres OKU Selatan dan jajaran menggelar Simulasi Sispamkota untuk pengamanan Pemilu tahun 2024 di wilayah hukum Polres OKU Selatan.

Simulasi Sispamkota ini dibuka oleh Kapolres OKU Selatan, AKBP Listiyono Dwi Nugroho dan dihadiri Bupati OKU Selatan Popo Ali, Jum’at (13/10/2023) di lapangan sepak bola Mapolres setempat.

Pada simulasi ini, terlihat bagaimana jajaran Polres OKU Selatan bersama instansi terkait telah siap untuk memberikan pengamanan Pemilu 2024, yang diawali dengan patroli skala besar melibatkan Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Baca Juga :   Pj Wali Kota Bekasi bersama Jajaran Pejabat Pemkot Bekasi Giat Tarling di Bekasi Barat

Kemudian, terlihat juga, bagaimana kesiapan personel dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat yang menyalurkan hak suara dan panitia penyelenggara, baik dalam keadaan aman maupun disimulasikan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, terlihat simulasi penanganan pasca pemungutan hasil sidang pleno KPU, serta penanganan aksi unjuk rasa yang berujung anarkis.

Pada latihan ini jajaran Polres OKU Selatan menggunakan kelengkapan seperti tongkat pemukul, tameng dan kendaraan rantis AWC atau armour water cannon hingga gas air mata.

Baca Juga :   Berkontribusi Terhadap Polri, Bupati OKU Selatan Terima Penghargaan dan Pin Emas

Kapolres OKU Selatan AKBP Listiyono Dwi Nugroho dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat simulasi Sispamkota.

“Kita harus mengasah kemampuan dengan terus berlatih,” ujarnya.

Di hadapan tamu undangan, AKBP Listiyono mengatakan simulasi Sispamkota ini merupakan bentuk latihan kesiapan Polri dalam pelaksanaan Pemilu 2023-2024.

Kapolres juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses demokrasi yang akan datang serta memberikan persiapan optimal bagi penegakan hukum dan penanganan situasi darurat di lingkungan perkotaan.

Baca Juga :   Salurkan Hak Suaranya di TPS 017, Ini Pesan Kajari OKU Selatan

“Selain sebagai bagian dari persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kegiatan ini termasuk dalam Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Mantap Brata Sispamkota Musi 2024”, tandasnya (Red)