Sepi Bak Rumah Hantu, Begini Tegas Kadispar terkait Kuliner Ex Sail Morotai

Suasana Kuliner Ex Sail Morotai

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news Tempat Kuliner yang berlokasi di Ex Sail Kecamatan Morotai Selatan terlihat sepi seperti bangunan tua yang tidak berpenghuni.

Pantauan wartaterkini.news, senin (09/09/2024) sekira pukul 11.50 WIT. Pusat Kuliner Ex Sail Morotai yang berisikan 8 Lapak tersebut, nampak tertutup rapi layaknya rumah hantu yang tidak berpenghuni.

Hanya saja terlihat satu Lapak Kedai Tuna yang masih menyediakan Kursi Meja namun terlihat pula tidak bertuan. Padahal sebelumnya Kuliner Ex Sail Morotai ini menjadi tempat idaman karena disuguhkan berbagai menu primadona ala Morotai seperti Rahang Tuna dan sebagainya.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Morotai Syaban Lanoni, dikonfirmasi wartawan, senin (09/09) via Telephone menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pendataan pada bulan Agustus 2024 lalu. Dan ditemukan Kuliner yang masih aktif, ada pula yang sudah tidak aktif.

Baca Juga :   Generasi Klub Persik Kediri Gencar Sosialisasi Pencarian Bakat Sepak Bola Untuk Indonesia

“Awal bulan Agustus 2024 lalu, kami kembali mendata, terdapat sebagian Kuliner yang masih jalan, ada tidak jalan dengan alasan kondisi ekonomi,” jelas Syaban.

Ia pun mengaku bahwa Kuliner di Ex Lokasi Sail Morotai hanya satu yang masih aktif (Kedai Tuna) sementara 7 Kedai atau Lapak diantaranya sudah tidak aktif.

“Untuk Ex Lokasi Sail, yang kami pantau hanya satu yang masih jalan, sementara yang lain, itu alasannya karena kondisi ekonomi,” tuturnya

Baca Juga :   Gunung Api Ruang Kembali Naik Level IV 'Awas'

Untuk itu, ia menegaskan jika pemilik Kuliner tidak mengaktifkan kembali usaha mereka, maka akan digantikan dengan pemilik yang baru.

“Kami mempertegas, setelah kami data kembali, kami pertegas bahwa jika tidak dijalankan maka kami akan menggantikan dengan pengusaha yang baru, kami sudah ada orang yang mau ganti,” tegasnya

Bahkan ia memberikan jangka waktu kepada mereka hingga bulan September 2024 ini, apabila tidak diaktifkan maka segera diganti.

“Namun pemilik lama ini, katanya mereka masih ingin melanjutkan usaha kuliner mereka, maka kami kasih waktu kepada mereka sampai di bulan september ini. Kalau misalnya sampai bulan ini mereka tidak lanjut atau aktifkan kembali maka segera di ganti,” pungkasnya

Baca Juga :   Pelajar Indonesia Raih Emas Lomba Matematika dan Bahasa Inggris Internasional di Australia

Sekedar diketahui, kondisi yang sama juga dipertegas oleh Kadispar Morotai terhadap Kuliner Bangsaha I, Kuliner Bangsaha II, Sentra Kuliner Taman Kota serta Water Front City II Morotai.
(Endi/red)