Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaSengketa Pilkades Desa Cempaka Morotai Diputuskan PSU

Sengketa Pilkades Desa Cempaka Morotai Diputuskan PSU

Morotai Maluku Utara, wartaterkini.news – Tim Penyelesaian Perselisihan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2022 Kabupaten Pulau Morotai memutuskan Sengketa Pilkades Desa Cempaka, Kecamatan Morotai Jaya dilaksanakan Pemilihan Ulang alias PSU.

Putusan PSU nampak tersirat dalam poin 5 Surat Keputusan Penyelesaian Perselisihan Pilkades Serentak Tahun 2022 Kabupaten Pulau Morotai, Nomor: 03/KPTS-P3KDS/III/2022 tertanggal 8 Maret 2022 yang ditandatangani Ketua Tim, Ir. Muhammad Thamrin Fabanyo, M.TP. Wakil Ketua, Sekretaris dan seluruh Anggotanya.

Poin 5 Surat Keputusan tersebut diterangkan bahwa ‘Merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Kabupaten tahun 2022 untuk melakukan Pemilihan Ulang’

Diketahui awalnya, Pemohon Steven Mokar Calon Kepala Desa (Cakades) Cempaka 01, Anhonius Pidiwang Cakades Cempaka 03 dan Yasir Arafat Wadaka yang bertindak sebagai pendamping menyampaikan Gugatan kepada Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades sesuai registrasi pada 09 Februari 2022.

Baca Juga :  M. Anwar Hi. Beddu Djamal Ternate Kurang Memiliki Edukasi Tentang Pasar Modal

Dalam gugatan pemohon intinya menjelaskan, Bahwa Panitia pelaksana Pilkades Desa Cempaka dalam proses pemungutan suara pada tanggal 5 Februari 2022, tidak lagi mengikuti ketentuan sebagaimana surat pemberitahuan dari PMD dengan Nomor: 141/10/DPMD/2022 tanggal 12 Januari 2022, yang mana Panitia Pilkades tingkat Desa tidak lagi mencocokkan KTP dengan DPT, namun langsung mengumpullkan undangan dan pemilih langsung melakukan atau mengambil surat suara tanpa mengisi daftar hadir atau daftar kontrol.

Bahwa dalam pelaksanaan pemungutan suara, terdapat pemilih yang menggunakan RTP yang diterbit pada tanggal 2 Februari 2022, pada hal sesuai surat dari PMD bahwa Dinas DUKCAPIL untuk sementara waktu tidak melayani proses pindah penduduk yaitu ANDRIS BUNGAN yang proses pindah penduduk tidak diketahui oleh Pejabat Desa setempat.

Baca Juga :  Besok Jadwal Tes Urine Narkoba. Cakades Morotai yang Sudah Kantongi Hasil Urine Ini Kata Kadis PMD

Bahwa sesuai surat cuti dari Pejabat Kades Cempaka kepada Sekdes yang mengikuti calon Kades a.n HUN AYANG, maka Sekdes sudah nonaktif. Namun Sekdes a.n HUN AYANG masih menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk memenangkan dirinya dengan mengurus Bantuan Beras dan menaruh didalam rumahnya serta 4 hari sebelum pencoblosan melakukan pembagian bantuan beras.

“Tidak hanya itu saja Calon Kades (02) HUN AYANG juga menggunakan jabatan Sekdes untuk memenangkan dirinya dengan mengurus dokumen kependudukan warga,” jelas dalam Surat Keputusan Tim Penyelesaian Sengketa Pilkades

Bahwa Panitia dalam melaicukan pemungutan suara bagi pemilih tambahan tidak lagi meneliti KTP, tidak mengisi daftar control dan tidak membuat berita acara Daftar Pemilih Tambahan.

Baca Juga :  Pemdes Gunung Megang Dalam Salurkan BLT Dana Desa
Putusan Sengketa Pilkades Desa Cempaka

Marajut pada persoalan tersebut, akhirnya Tim Penyelesaian Sengketa Kabupaten Pulau Morotai memutusan:

  1. Menerima dan menolak sebagian gugatan pemohon.
  2. Merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Kabupaten Tahun 2022 untuk melakukan pleno penetapan DPT dengan menghadirkan seluruh pihak yang terkait.
  3. Merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Kabupaten Tahun 2022 untuk melakukan ferivikasi tentang keabsahan administrasi kependudukan yang dimiliki oleh setiap masyarakat yang akan mengaunakan hak pilihnya sebelum pemungutan suara.
  4. Merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkeat Kabupaten Tahun 2022 untuk mengakomodir seluruh warga masyarakat Desa Cempaka yung memiliki administrasi kependudukan yang sah untuk memberikan hak suara.
  5. Merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Kabupaten Tahun 2022 untuk melakukan Pemilihan Ulang. (Endi/Red)
Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News