Rabu, Juni 29, 2022
Google search engine
BerandaBeritaSeleksi Calon Anggota Paskibraka di Muna Barat Dilakukan 4 Tahap

Seleksi Calon Anggota Paskibraka di Muna Barat Dilakukan 4 Tahap

Muna Barat Sultra, wartaterkini.news– Pemerintah Kabupaten Muna Barat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mulai melakukan Seleksi Calon anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Seleksi ketat diikuti oleh 200 siswa/siswi berasal dari semua sekolah SMA/SMK atau MA di Muna Barat.

Dalam prosesnya, seleksi calon anggota paskibraka tingkat Kabupaten Muna Barat akan dilakukan empat tahap. Dimana tahap satu diseleksi oleh pihak sekolah bersama purna Paskibra di sekolah masing-masing.

Tiga tahap selanjutnya akan diseleksi ketat di kabupaten oleh panitia seleksi yang terdiri dari Dispora dan pihak TNI-POLRI.

Kadis Pemuda dan Olahraga Kabupaten Muna Barat Syahrullah Ando mengatakan proses seleksi calon anggota paskibraka tahap 2 akan dilaksanakan selama tiga hari yang prosesnya mencakup tiga wilayah besar yakni Kusambi Raya, Lawa Raya, dan Tiworo Raya.

Baca Juga :  Terkait Rencana Penunjukan Pj Bupati, Puluhan Ormas Geruduk Kantor DPRD OKU

“Seleksi calon anggota paskibraka tahap 2 ini sudah dimulai sejak kemarin, Kamis, 26 Mei 2022 dan berakhir besok, Sabtu, 28 Mei 2022. Kalau tahap satu itu diseleksi di sekolah oleh pihak sekolah dan purna paskibraka,” kata Syahrullah, Jum’at, 27 Mei 2022.

Syahrullah menjelaskan proses seleksi dilakukan sebanyak empat tahap yakni tahap satu di seleksi di sekolah masing-masing, tahap dua menyangkut pengukuran tinggi dan peraturan baris berbaris (PBB), tahap 3 wawancara yang menyangkut ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, dan yang terakhir parade dan pantokhir.

“Dalam proses seleksi dilakukan kami melibatkan pihak TNI-POLRI,” singkatnya.

Baca Juga :  Aksi Masyarakat Peduli Lingkungan OKU Kembali Turun Kejalan

Syahrullah berharap kepada semua peserta seleksi untuk menjaga stamina, kesehatan dan mental. “Selanjutnya masih ada 2 tahap lagi. Jadi jaga kesehatan fisik, jiwa dan mental serta keamanan diri sendiri. Kemudian tahap 3 itu kecerdasan intelektual, jika anda sakit dan tak bisa ikut seleksi wawancara maka otomatis gugur,” pungkas mantan guru ini.

Terakhir ia juga menyampaikan dalam kompetisi mesti ada yang lolos dan ada juga yang gugur dan itu harus bisa diterima oleh semua peserta. “Jadi semua harus sudah siap lolos dan siap gugur dalam sebuah kompetisi,” tutupnya.

Di tempat yang sama, salah satu tim panitia seleksi Capaski Mubar Zayani Ihu menuturkan calon peserta yang ikut dalam seleksi tahap dua ini diperkirakan kurang lebih dari 200 orang.

Baca Juga :  Suasana Pandemi Anggota Paskibraka Kota Pagar Alam Tetap Semangat Latihan

“Kemarin Kusambi Raya 71 orang dan hari ini Lawa Raya 84 orang, dan besok Tiworo Raya diperkirakan kurang lebih 50 peserta,” kata Zayani.

Dalam seleksi tahap dua, peserta yang akan lolos pada tahap 3 berkisar antara 120-150 orang. Dan hasil akhir yang akan diumumkan adalah 76 orang.

“Rencana pengumuman tahap dua akan dikirim ke sekolah masing-masing. Insya Allah hari Senin kita akan umumkan hasilnya. Yang akan lolos tahap 3 antara 120-150. Dan itu akan disaring lagi sampai menghasilkan 76 orang sebagai calon anggota paskibraka,” cetusnya.(La Ode Amsir/Red)

Print Friendly, PDF & Email
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Covid-19 Counter

Indonesia
6,080,451
Total Kasus
Updated on 27 June, 2022 1:25 am

Paling Populer

Headline News