Sekda Lakukan Pengecekan Aset

Lampung Barat,Wartaterkini.News– Sekretaris Daerah Lampung Barat Akmal Abd Nasir, SH melakukan pengecekan aset berjalan di lingkungan Setda Kabupaten Lambar, Kamis (10/1) pengecekan ini dilakukan untuk menertibkan aset yang dimiliki Pemkab.

Terkait hal tersebut, Sekda melakukan pengecekan kendaraan roda empat yang terdiri dari sembilan kendaraan camat, tiga kendaraan Assisten, tiga kendaraan Staff Ahli, sepuluh kendaraan Kepala Bagian dan motor sekretariat.

Baca Juga :  2 Bulan Gaji Pemdes Fiktif, BLT Tak Direalisasi Warga Cio Gerong Morotai Palang Kantor Desa

“Aset pemerintah memiliki fungsi sangat strategis serta berperan penting, namun jika dalam penggunaan tidak dikelola secara baik maka dikhawatirkan akan menjadi persoalan, tetapi jika sudah dilakukan pengecekan kita dapat mempertanggungjawabkan dalam pengelolaan aset dan inventarisasi lainnya”, ujar Sekda saat melakukan pengecekan.

Kemudian, Tiga prinsip dasar yaitu adanya perencanaan yang tepat,Pelaksanaan atau pemanfaatan secara efesien dan efektif,Pengawasan (monitoring). Merujuk pada prinsip tersebut Pemerintah daerah sangat diharuskan untuk memiliki atau membuat perencanaan kebutuhan aset yang digunakan sebagai rujukan dalam pengadaan aset daerah. Berpijak dengan rencana yang sudah dibuat ini, kemudian pemerintah daerah baru bisa mengusulkan anggaran pengadaannya.

Baca Juga :  Per 03 Oktober 2022, Pemkab Morotai Hanya Capai PAD 25,30 Persen, Dinas Pariwisata Terendah

Selanjutnya Ia mengatakan tanggung jawab aset sebenarnya tidak hanya dibebankan kepada pemegang barang, namun diharapkan ada koordinasi antar seluruh pihak. Diharapkan ASN yang memegang aset daerah dapat menjaganya dengan baik.

Pengelolaan Aset pemerintah berfokus pada efektifitas Public Service dan efisiensi penggunaan sumber daya. Dalam penggunaan sumber daya maka korelasi terdekat yakni dengan pengeluaran pemerintah serta mempengaruhi belanja pemerintah dan jalannya pemerintahan. (Kartiko/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini