Sedikitnya 14 Venue Olahraga di Jakabaring Sport City Rusak Parah dan Alami Kerugian Hingga 20 Miliar

Palembang,wartaterkini.news — Sedikitnya ada 14 venue olahraga di Jakabaring Sport City (JSC) akibat angin kencang, sabtu (27/10) lalu. Setelah dihitung kerugian akibat bencana ini hampir Rp 20 Miliar. Hal tersebut diungkap Gubernur Sumsel H Herman Deru, usai meninjau langsung lokasi kerusakan venue, minggu (28/10).

“Banyak juga hampir Rp 20 miliar total kerugiannya. Ini macam-macam ada yang masih dalam tanggungan asuransi, ada juga yang baru besok diserahkan ke pemprov dari salah satu kementerian. Itu tentu tidak menjadi beban APBD. Cuma memang yang bangunan lama ada  yang memang sudah tanggungjawab kita akan segera kita atasi sesegera mungkin,” ungkapnya.

HD menjelaskan dari 14 venue yang rudak tersebut, venue aquatic meruoakan venue yang mengalami kerusaka cukup parah dan membutuhkan dana perbaikan yang lumayan besar. Apalagi venue ini dilengkapi membran khusus di bagian atasnya yang robek akibat angin.

Baca Juga :  Gubernur HD Bantu Mobil Operasional PD-IBI Sumsel

“Membran itu saja harganya hampir Rp4 miliar. Tadi kita lihat robek-robek,” ungkap HD.

Selain Aquatic, venue lain yang membutuhkan perbaikan serius adalah venue atletik dengan dana perbaikan diperkirakan mencapai Rp6 miliar lebih, kemudian venue dayung, bowling dan tennis.

Dalam kesempatan itu HD juga menginstruksikan jajarannya untuk segera membenahi venue yang tidak harus mengganti material. Kemudian memprioritaskan venue denfan mekanikal elektrik yang rawan untuk diatasi dulu secara darurat.

Baca Juga :  Ini Ketentuan Pembatasan Kegiatan dan Cakupan Wilayah PPKM Darurat Yang Ditetapkan Pemerintah

“Kalau memang ada yang harus menunggu anggaran yang menunggu APBD besok. Tapi yang CSR juga kita undang lagi untyk membangun ini.  seperti ditenis tadikan Bukit Asam. itu akan kita undang lagi biar ini bisa diperbaiki segera.

Tak hanya meninjau JSC, sebelumnya HD juga sempat mampir ke Stasiun LRT tak jauh dari OPI mall yang bagian dalamnya ikut porak-poranda oleh angin putig beliung. ” Untuk masalah itu Kementerian PU dan Perhubungan sudah melapor bahwa mereka akan datang. Kita usahakan secepatnya agat tidak menghambat pelayanan,” ujarnya

Sementara itu mengenai rumah warga yang ikut menjadi korban angin puting beliung di sekitar Jakabaring menurutnya akan secepatnya ditanggulangi oleh BPBD Sumsel dan Dinsos.

Baca Juga :  Bulog Siapkan 215 Ton Daging Beku Seharga Rp80.000

“Untuk masalah itu saya sudah instruksikan BPBD dan Dinsos untuk segera turun langsung membantu warga yang terkena musibah,” jelasnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru didampingi sejumlah staf khusus Gubernur, Direktur operasional PT JSC Bambang Supriyanto,  Kepala Dinas PU Perumahan dan Pemukiman Pemprov Sumatera Selatan Basyarudin beseeta rombongan datang ke lokasi sekitar pukul 13.00 WIB. Rombongan ini pertama kali meninjau Stasiun LRT OPI mal. Kemudian langsung menuju ke venue tennis, venue dayung, hingga venue bowling untuk memantau kerusakan yang terjadi. (kominfo/cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini