Satukan Konektivitas Wilayah Menhub Kunjungi 3 Daerah di Sumsel

Palembang,wartaterkini.news— ┬áMenteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi didampingi langsung Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru melakukan kunjungan kerja ke tiga lokasi di Provinsi Sumsel yakni Kabupaten OKU Timur, Kota Lubuk Linggau dan Kota Palembang dalam rangka sosialisasi 4 tahun kerja Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla serta sekaligus meninjau Landasan Udara Gatot Subroto, Lampung, dan Terminal Udara Silampari, Lubuk Linggau.

Menhub mengatakan, lawatannya tersebut dilakukan untuk menyatukan konektivitas antar daerah dengan memastikan fungsi-fungsi transportasi bisa digunakan dengan baik dan bisa memberikan konektivitas yang baik pula untuk melayani masyarakat.

Menteri kelahiran Palembang itu menjelafskan, hasil dari kunjungan kerja itu yakni merekomendasikan agar Landasan Udara Gatot Subroto, Lampung bisa digunakan sebagai Bandar Udara Umum untuk menyatukan konektivitas antara Sumsel dan Lampung. Kemudian, menyelesaikan terminal udara Silampari, Lubuk Linggau dan terminal udara Banding Agung, OKU Selatan agar bisa difungsikan lebih efektif.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Terima Kunjungan Kepala BASARNAS

“Kami berusaha agar paling lambat akhir tahun semua itu bisa berfungsi dengan mengikutsertakan pihak swasta,” ungkap Menhub diakhir kunjungan kerjanya pada acara sosialisasi 4 tahun kerja Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla, di Griya Agung Palembang, Sabtu (27/10/2018).

“Kami juga menilik beberapa hal untuk Lubuk Linggau dan OKU Timur. Sementara, untuk di Palembang kita menginginkan fungsi dari LRT (Light Rail Transit) memang bermanfaat bagi masyarakat,” lanjut Budi Karya Sumadi.

Menurutnya, Pemerintah sudah menginvestasikan lebih dari 10 Triliun Rupiah untuk LRT di Palembang dan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia sebagai suatu contoh angkutan masal.

“Untuk meningkatkan efektivitas LRT Palembang beberapa hal yang sudah diputuskan. Pertama dengan menurunkan tarif dari 10.000 Rupiah menjadi 7.000 Rupiah. Kemudian yang kedua memastikan feeder untuk menarik minat penumpang khususnya pada Jalur Jakabaring- Unsri dengan headway yang lebih padat sehingga memungkinkan mahasiswa dari beberapa tempat bisa mencapainya, dan yang ketiga menambah jam operasional LRT semula mulai dari Jam 06.00 sampai Jam 18.00 berubah mulai dari Jam 05.00 sampai jam 21.00,” terang Menhub.

Baca Juga :  Polisi Temukan Paket Shabu Dalam Botol Yang Ditanam Dalam Tanah

Sementara itu, Gubenrur Sumsel H. Herman Deru dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada Menhub Budi Karya Sumadi yang telah melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah di Sumsel sekaligus.

Menurutnya, Provinsi Sumsel saat ini menjadi daerah yang semakin diperhitungkan salah satunya karena kemudahan akses transportasi berkat dukungan dari Kementerian Perhubungan.

“Hebat nian pak menteri, dari subuh belum istirahat sama sekali. Dari Jakarta ke Lampung, lanjut OKU Timur, Lubuk Linggau dan Palembang. Saya menemani bapak menteri dari pagi tanpa henti. kenapa, karena beliau menteri yang sayang kepada kita masyarakat Sumatera Selatan,” ungkap Herman Deru.

Baca Juga :  DPC Partai Emas Resmi Terbentuk di Kabupaten Jepara

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga menyampaikan terimakasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah memberikan bantuan 15 unit Bus kepada Pemerintah Kota Palembang untuk penambah armada Transmusi.

“Disini ada bapak Walikota, saya minta Bus itu dirawat supaya nanti ditambah lagi, saya yakin kalau kita bisa merawat pasti akan ditambah lagi oleh pak Menteri, ujar Herman Deru.

Dipenghujung acara sosialisasi 4 tahun kerja Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla di Griya Agung, Menhub Budi Karya Sumadi juga sempat memberikan tantangan berhadiah handphone kepada 5 orang hadirin untuk berpidato mengenai hari Sumpah Pemuda.

Nampak hadir pada acara sosialisasi itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Bupati Banyuasin Askolani Jasi, Sekda Provinsi Sumsel, H. Nasrun Umar serta para Asisten dan Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel. Hadir juga para tokoh agama, dan sejumlah tokoh transportasi Sumsel. (Cly/Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini